Antum Tidak Akan Percaya Betapa Besarnya Pahala Duduk Di Majelis Ilmu

by -0 views
Majelis ilmu adalah tempat dimana disampaikannya ayat dan hadits kepada banyak orang, yang juga berisi nasehat dan ilmu Islam. Biasanya majelis ilmu disampaikan oleh seorang syaikh ataupun ustadz ataupun ustadzah bagi kaum perempuan. Tempatnya bisa di dalam masjid, di aula sekolah, ataupun di rumah-rumah. Namun, tidak banyak orang yang tahu besarnya pahala yang diberikan Alloh Subhanahuwata’ala kepada orang yng duduk di majelis ilmu ini. Mau tahu berapa nilainya? Pahalanya senilai dengan dunia dan seisinya, dan lebih dari itu. Sebagaimana yang disampaikan Imam Ibnu Assi’di rahimahulloh di dalam Al fawaakih Assyahiyah halaman 179.

 مـجـالـس الـعلـم .
✍ ️قال  الإمـَامُ ابن سعدي رحمـة الله عليـه :
مجـلس علـم تجلسـه خـير لك مـن الـدنيا وما فيهـا ،
وفـائـدة تستفيدهـا وتنتفـع بهـا لا شيء يـزنهـا أو يسـاويـهـا .
[الـفواكـه الـشـهيـة (صـ ١٧٩)  ]
Keutamaan Majaalis ‘Ilmu
Berkata Imam Ibnu Assi’di rahimahulloh:
“Satu dari Majlis ‘Ilmu yang kamu bermajlis dengannya itu lebih baik bagimu dari pada dunia dan seisinya,
dan satu faedah yang kamu dapati padanya dan kamu mendapati manfaatnya dengannya itu tidak ada yang senilai atau setara dengannya”.
[Al fawaakih Assyahiyah, hal 179].
Disini sudah jelas disebutkan betapa besarnya pahala yang diberikan Allah ‘azzawajalla kepada hamba-Nya yang mau meluangkan waktu dan tenaga untuk sekedar duduk di majelis ilmu, mendengarkannya dan mengambil faedah dari yang didengarnya.

pahala duduk di majelis ilmu taklim

Oleh sebab itu, tidak salah kiranya salah seorang ulama ahlussunnah wal jama’ah yakni Al’allaamah Asy Syaikh Muhammad Aman Aljaamy rahimahullah mengatakan bahwa menuntuk ilmu itu wajib hukumnya bagi setiap kita pribadi muslim. Kenapa demikian? agar agama kita tidak bisa dikacaukan dan disamarkan oleh orang-orang yang punya niat jelek di dalam hatinya yang berusaha menyesatkan ummat Islam dari diennya yang lurus.

عليكم بالعلم…
‏• قـال العلامة الشيخ محمد أمان الجامي رحمه الله :-
〘 التعليـم واجب وجوباً عينياً في هذا الوقت لكثرة الخلط والخبط والتلبيس والتضـليل 〙
 شرح الواسطـية(276)

Wajib bagimu menuntut Ilmu
Al’allaamah Asy Syaikh Muhammad Aman Aljaamy rahimahullah
Ta’lim (pendidikan) adalah kewajiban yang diharuskan bagi setiap pribadi muslim di zaman sekarang ini dikarenakan banyaknya orang yang ingin mengacaukan dan membentur serta yang menyamarkan dan menyesatkan [Syarh Alwasithiyyah hal. 276 ]