Apakah Kalimat Yang Diucapkan Rasulullah Sebelum Makan?

by -0 views
Pada pembahasan sebelumnya telah kita ketahui bahwa do’a sebelum makan yang kita hafal selama ini yakni “Allahumma baarik lanaa…” ternyata itu tidak shohih dan tidak bisa diamalkan. Kenapa? karena hadits yang mendasari munculnya do’a tersebut memiliki derajat hadits dhoif. Hal itu karena beberapa parawi yang merawikan hadits tersebut ada yang “munkarul hadits”, ada yang berpemahaman qadariyah, dan malah ada yang digelari “dajjal” alias “si pendusta” karena banyak merawikan hadits tanpa dasar sama sekali.

Nah, sekarang tentu yang jadi pertanyaan, apa do’a sebelum makan yang shohih dan memang benar-benar diucapkan Rasulullah shalallahu’alahi wasallam saat beliau makan? Ternyata Rasulullah shalallahu’alahi wasallam setiap akan makan atau setiap akan minum, tidak mengucapkan do’a lain selain ucapan “tasmiyah”.

Apa itu ucapan tasmiyah? ucapan tasmiyah adalah kalimat pendek “bismillah”. Dan beliau shalallahu’alahi wasallam tidak mengucapkan ucapan basmalah, tapi ucapan tasmiyah.

Apa beda ucapan tasmiyah dengan basmalah? Kalau ucapan tasmiyah adalah bismillah, sedangkan ucapan basmalah adalah bismillahir rohmaanir rohiim.

Jadi Rasulullah shalallahu’alahi wasallam hanya mengucapkan bismillah sebelum beliau memasukkan sesuatu ke mulutnya, tidak ada do’a khusus yang beliau ucapkan sebelum makan dan minum. Hanya ucapan bismillah.

Dan hadits-hadits yang mendasarinya memiliki derajat hadits shohih dan hasan.

1. Dari ‘Umar bin Abi Salamah radhiallahu’anhu, ia berkata, “Waktu aku masih kecil dan berada di bawah asuhan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, saat makan tanganku bersileweran di nampan, maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

« يَا غُلاَمُ سَمِّ اللَّهَ ، وَكُلْ بِيَمِينِكَ وَكُلْ مِمَّا يَلِيكَ » . فَمَا زَالَتْ تِلْكَ طِعْمَتِى بَعْدُ

“Wahai Ghulam, bacalah “bismilillah”, makanlah dengan tangan kananmu dan ambillah makanan yang letaknya paling dekat denganmu.” Maka setelah itu, seperti itulah gaya makanku.
(HR. Bukhari no. 5376 dan Muslim no. 2022)

doa sebelum makan

2. Syaikul Islam Ibnu Taimiyah dalam kitab “Al-Kalimuth Thoyyib No. 190 menampilkan hadits berikut ini:

 وعن رجل خدم النبي صلى الله عليه وسلم : أنه كان يسمع النبي صلى الله عليه وسلم إذا قرب إليه طعاما يقول : بسم الله

Diriwayatkan dari seseorang yang mengabdi pada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, ia berkata bahwa ia mendengar Rasululah shallallahu ‘alaihi wasallam ketika makanan, beliau mengucapkan “bismillah”.
(Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

3. Dari Wahsyi bin Harb dari ayahnya dan dari kakeknya bahwa para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkata,

يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّا نَأْكُلُ وَلاَ نَشْبَعُ. قَالَ « فَلَعَلَّكُمْ تَفْتَرِقُونَ ». قَالُوا نَعَمْ. قَالَ « فَاجْتَمِعُوا عَلَى طَعَامِكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَيْهِ يُبَارَكْ لَكُمْ فِيهِ 

“Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami makan dan tidak merasa kenyang?” Beliau bersabda: “Kemungkinan kalian makan sendiri-sendiri.” Mereka menjawab, “Ya.” Beliau bersabda: “Hendaklah kalian makan secara bersama-sama, dan sebutlah nama Allah, maka kalian akan diberi berkah padanya.”
(HR. Abu Daud no. 3764. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits tersebut hasan)

Dalam hadits di atas sangat jelas Rasulullah shalallahu’alahi wasallam memerintahkan kita agar sebelum makan untuk menyebut nama Allah. Dan kita ketahui bersama bahwa kata “bismillah” artinya “dengan menyebut nama Allah”.

Jadi sudah jelas sekarang kan apa kalimat yang harus kita ucapkan sebelum kita makan dan minum? Ya… bukan do’a “Allahummaa baarik lanaa…” yang selama ini kita baca, tapi cukup kalimat pendek tasmiyah, yakni bismillah….
Kenapa demikian? karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam hanya membaca bismillah sebelum makan, bukan doa yang lain. Kalau Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam hanya mengucapkan bismillah, kenapa kita tidak patuh dan mengikutinya….? Katanya cinta rasul….?

Baca juga:
1. Lupa Membaca Bismillah Sebelum Makan? Ini Solusinya
2. Ternyata Doa Sebelum Makan “Allahumma Baarik Lanaa…” Itu Dho’if