Cara Melakukan Rol Depan

by -0 views
Cara Melakukan Rol Depan |Kumpulan-Olahraga| ~ Roll depan merupakan salah satu gerakan yang sering dilakukan pada saat melakukan Senam Lantai, Pasti sobat sudah tidak asing lagi dengan yang namanya senam lantai ini kan ? karena Senam lantai ini pasti pernah sobat pelajari di seluruh tingkatan sekolah baik itu SD, SMP, SMA hingga Perguruan tinggi. Senam lantai ini memiliki beberapa gerakan yang biasanya dilakukan salah satunya adalah Rol Depan, Rol Belakang, Sikap Lilin dan kayang. Pada kesempatan sebelumnya Kumpulan Olahraga telah membahas tentang Senam Lantai untuk lebih jelas nya dapat sobat lihat DISINI.
Pada kesempatan kali ini kumpulan Olahraga akan membahas tentang salah satu gerakan Senam Lantai yang paling sering kita lakukan yaitu Rol Depan (Forward Roll), penjelasan nya adalah sebagai berikut :

1. Cara Melakukan Rol Depan ~ Pengertian Rol Depan 

Mengguling (Rolling) dapat diartikan sebagai bergerak sepanjang daerah tumpuan dengan cara memutarkan  badan secara terus-menerus. gerakan badan ini termasuk kedalam lokomotor yaitu gerakan yang bermaksud memindahkan posisi tubuh ke tempat lain baik ke depan, kebelakang ke samping ke atas atau kebawah. berbeda dengan gerakan Nonlokomotor, gerakan Nonlokomotor ini adalah gerakan memutar dengan maksud menggerakan tubuh tanpa harus memindahkan tubuh atau tubuh tetap di tempat (Sayuti Sahara, 2002 : 1.30 dan 1.31). untuk pemula dalam melakukan rol depan ini harus didampingi oleh guru atau orang yang sudah mahir dalam melakukan gerakan Rol depan dan juga harus di tunjang dengan perlengkapan yang memadai yang biasanya menggunakan alas yang terbuat dari karet atau busa yang yang paling sering banyak digunakan dalam setiap kegiatan senam lantai adalah Matras.

2. Cara melakukan Rol Depan ~ Teknik Gerakan Rol Depan (Guling Depan)

Dalam melakukan Roll Depan ini terbagi kedalam beberapa bagian yaitu roll depan dengan sikap awal dalam posisi jongkok dan roll depan dengan sikap awal dengan berdiri, untuk cara melakukan kedua teknik Roll depan tersebut adalah sebagai berikut :
a. Cara Melakukan Roll depan dengan sikap awal Posisi Jongkok
Cara melakukan Roll Depan dengan posisi jongkok ini merupakan dasar dari roll depan, biasanya roll depan dengan posisi awal jongkok ini dilakukan oleh para pemula atau yang baru belajar mengenai roll depan, cara melakukan roll depan ini adalah sebagai berikut :
  1. Sikap Awal dalam posisi jongkok dengan kedua kaki dirapatkan.
  2. Letakan kedua lutut pada bagian dada. 
  3. Kedua tangan di letakan pada bagian depan di dekat kaki kira kira 40 cm di depan kaki.
  4. Tumpuan berada pada bagian tangan.
  5. Bengkokkan kedua tangan dan mulai berguling.
  6. Bagian tubuh pertama yang menyentuh matras adalah bagian Pundak, yaitu dengan cara menundukan kepala hingga dagu menyentuh dada.
  7. Ketika panggul menyentuh matras kemudian pegang lah bagian bawah lutut (Tulang Kering) dengan kedua tangan.
  8. Setelah gerakan berguling selesai di akhiri dengan posisi Jongkok dengan kedua tangan tetap memegang tulang kering. 

b. Cara Melakukan Roll Depan dengan Sikap awal Posisi Berdiri   

Rol depan dengan posisi awal berdiri ini harus dilakukan dengan hati hati kerena sangat berbahaya, untuk pemula sebaik nya jangan dulu melakukan rol dengan posisi berdiri karena apabila salah dalam melakukan gerakan maka akan mengakibatkan cedera, cara melakukan roll depan dengan seikap awal berdiri ini adalah sebagai berikut :

  1. Sikap awal berdiri dengan kedua kaki dirapatkan 
  2. Letakan kedua tangan pada matras kira-kira 50 Cm dan tangan di buka selebar bahu.
  3. Bengkokan tangan kemudian di lanjutkan dengan meletakan bagian pundak pada matras, dan bagian kepala di tekuk hingga dagu menyentuh bagian dada.
  4. Selanjutnya mulai berguling kedepan.
  5. pada saat panggul menyentuh matras lipat kedua kaki dan kemudian dilanjutkan dengan tangan memegang bagian tulang kering kaki menuju posisi jongkok.

 

3. Cara melakukan Rol Depan ~ Kesalahan yang sering terjadi pada saat Roll Depan.

Ketika melakukan Roll depan sering sekali terjadi kesalahan-kesalahan yang dilakukan, sehingga hal ini dapat mengakibatkan gerakan Roll Depan ini tidak sempurna, bahakn dapat mengakibatkan cedera. Berikut ini adalah beberapa Kesalahan-kesalahn yang sering terjadi  pada saat melakukan Roll depan adalah sebagai berikut :

  1. Tumpuan kedua tangan tidak tepat ( Tumpuan tangan terlalu lebar, atau terlalu sempit atau biasanya terlalu dekat dan terlalu jauh) dengan ujung kaki sehingga akan kesulitan ketika melakukan gerakan mengguling.
  2. Tumpuan kedua tangan kurang kuat sehingga keseimbangan tubuh ketika melakukan Roll depan tidak stabil dan berakibat badan akan berguling ke samping bukan kedepan.
  3. Bahu tidak diletakan pada matras pada saat tangan di bengkokan.
  4. Kedua tangan tidak melakukan tolakan ketika melakukan gerakan mengguling.

4. Cara Melakukan Roll Depan ~ Cara Memberi Bantuan Roll Depan.

 Ketika kita hendak membantu teman kita untuk melakukan Roll depan terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu :

  1. Peganglah Bagian Belakang kepala teman yang akan melakukan Roll depan (mengarahkan untuk menekuk kepala) dan menolak pada kedua lutut.
  2. Mendorong bagian punggung pada saat akan duduk.
  3. Mengangkat bagian Panggul dengan menempatkan tangan pada sisi kedua paha, atau dapat juga menolong berdiri di sisi teman yang melakukan roll depan dengan kedua tangan dengan sedikit mengangkat panggul dan membawanya ke arah depan pada saat yang sama dan meberi tahu teman kita agar tetap menekuk bagian kepala.
  4. Membantu menekukan kepala dan menempatkannya pada matras di antara kedua tangan.

Demikian lah pembahasan tentang Cara melakukan Roll Depan yang dapat kami jelaskan, untuk sobat yang ingin memperdalam ilmu tentang Senam Lantai dapat Sobat baca DISINI.
Mohon maaf apabila terdapat kesalahan dan kekurangan dari artikel saya, apabila sobat ingin menambahkan atau mengkoreksi artikel Kumpulan Olahraga ini dapat sobat tuliskan pada kolom Komentar. Terimakasih

Artikel Terkait :
1. Sejarah Senam
2. Senam Lantai 
3. Macam-macam Senam Irama
4. Macam-macam Aliran Senam Irama
5. Macam-macam langkah dan ayunan Lengan Senam Irama
6. Pengertian Senam Aerobik Menurut Para Ahli dan Organisasi Senam