Gerakan-gerakan Dasar Senam Irama

by -0 views
Gerakan-gerakan Dasar Senam Irama |Kumpulan-Olahraga| ~ Senam irama merupakan jenis senam yang membutuhkan keserasian antara gerakan dengan Irama Musik atau lagu yang di mainkan, senam Irama di sebut juga dengan Senam Ritmik, Dalam Senam Irama ini terdapat beberapa gerakan dasar yang harus dikuasai oleh pesenam, Pada Kesempatan Sebalumnya Kumpulan Olahraga telah membahas tentang Macam-macam Senam Irama dan Macam macam Aliran Senam Irama. nahhhhh…. Pada kesempatan kali ini Kumpulan Olahraga akan Membahas tentang Gerakan-Gerakan Dasar Senam Irama, untuk lebih jelasnya dapat sobat lihat di bawah ini.
Gerakan-Gerakan Dasar Senam Irama

 

Gerakan-gerakan dasar Senam Irama

1. Gerakan Langkah kaki 

Senam irama merupakan senam yang memerlukan keserasian gerak antara kaki dengan anggota tubuh lainnya, pada senam irama ini terdapat gerakan-gerakan dasar langkah kaki diantaranya :

a. Langkah Biasa (Loppas)

Cara untuk melakukan langkah kaki biasa (loppas) adalah dengan berdiri dengan sikap tegak, kemudian langkahkan kaki kiri dan kedua lengan beradfa di samping badan, dan langkahka kaki kanan dan jatuhkan pada tumit dilanjutkan dengan kaki kiri secara bergantian.

b. Langkah Rapat

Cara untuk melakukan langkah Rapat pertama-tama posisi badan berdiri tegak kemudian langkahkan kaki kanan didepan kaki kiri selanjutnya langkahkan kaki kanan dan kemudian kedua kaki dirapatkan. Langkah kaki rapat dilakukan dengan hitungan 1 kanan, hitungan dua kiri, dan hitungan 3 rapat.

c. Langkah Keseimbangan 

Carta untuk melakukan langkah Keseimbangan pertama tama berdiri dengan sikap tegak pada hitungan satu langkahkan kaki kiri kedepan, hitungan kedua kaki kanan menyusul dilangkahkan kedepan sebelum kaki kanan menepak (Jinjit) kaki kiri mundur dan diikuti kaki kanan mundur merapat.

d. Langkah Depan 

Sikap badan tegap, pada hitungan satu silangkan kaki di muka kaki kanan, dan dapat pula dilakukan ke belakang langkah silang ini dilakukan dengan irama 2/4
Untuk lebih jelasnya mengenai Gerakan Langkah kaki Dapat Sobat baca “DISINI”.

2. Gerakan Ayunan Tangan

Senam irama sangat memutuhkan keserasian gerak antara Langkah Kaki dan ayunan tangan sehingga ayunban tangan juga sangat menentukan keindahan gerak yang dilakukan pesenam, dalam senam irama terdapat beberapa gerakan Ayunan tangan diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Ayunan satu lengan depan belakang

b.  Ayunan satu lengan kesamping bersamaan 

c. Ayunan dua lengan depan Belakang

d. Ayunan kedua lengan silang depan di muka badan 

Agar memperoleh hasil yang maksimal, pesenam harus memadukan antara gerak langkah dan juga gerak ayunan lengan sehingga akan menghasilkan gerakan yang serasi dan indah sesuai alunan lagu atau irama musik yang mengiringi senam irama.
Demikian lah Gerakan-gerakan dasar Senam irama semoga bermanfaat. 
Artikel terkait Gerakan Senam Irama :