Jenis-jenis Pukulan dalam Permainan Bulutangkis (Badminton)

by -0 views
Jenis-jenis pukulan dalam permainan Bulutangkis (Badminton) | Kumpulan-olahraga | —
Bulutangkis merupakan salah satu permainan yang saat ini paling populer di kalangan masyarakat, karena bulutangkis ini merupakan olahraga yang sangat mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan lapangan yang luas, apalagi pada saat ini sudah banyak tersedia lapangan bulutangkis mulai dari lapangan bulu tangkis Outdor maupun Indor.
Pada Artikel Kumpulan Olahraga sebelumnya dalam kelas Olahraga bola kecil kami telah mengulas tentang Sejarah, Peraturan dan teknik permainan Bulutangkis pada kesempatan kali ini Kumpulan Olahraga akan sedikit mengulas tentang Jenis-jenis pukulan dalam Olahraga Bulutangkis, karena banyak sekai orang yang bermain bulu tangkis akan tetapi kebanyakan dari mereka belum mengetahui Jenis-jenis pukulan yang mereka pergunakan. Pukulan yang dilakukan haruslah Kuat, keras dan dilakukan dengan teknik yang benar dengan begitu besar kemungkinan seorang pemain Bulutangkis untuk mencetak Point. akan tetapi dalam disamping melakukan serangan pukulan yang benar dan tepat juga diperlukan untuk menghalau atau mengembalikan serangan lawan.
Jenis-jenis pukulan dalam permainan bulutangkis ada beberapa macam diantaranya :

1. Jenis-jenis pukulan dalam permainan Bulutangkis — Pukulan Service

Pukulan service merupakan pukulan awal dalam permainan Bulutangkis yang dilakukan dengan maksud untuk melempar bola ke area lapangan lawan secara diagonal, dalam Permainan Bulutangkis terdapat beberapa cara service pendek yang dapat dilakukan diantaranya yang dilakukan dengan cara Forehand, ataupun dengan cara Backhand, Pukulan Service panjang, Service Mendatar dan Service Cambuk.

2. Jenis-jenis pukulan dalam permainan Bulutangkis — Pukulan Lob

Pukulan Lob adalah pukulan yang dilakukan dengan melambungkan bola ke bagian belakang lapangan lawan pukulan lob dapat dilakukan dengan dua car yang mudah yaitu dengan cara Over Lob, Pukulan ini dilakukan dari atas kepala dengan cara memukul bola dan ldilambungkan ke belakang pertahanan lawan. sedangkan untuk Underhand lob adalah pukulan yang dilakukan dari bawah dengan cara memukul bola yang sudah melewati kepala dan dilambungkan tinggi ke bagian belakang lapangan lawan.

3.Jenis-jenis pukulan dalam permainan Bulutangkis — Pukulan Drive

Pukulan Drive adalah pukulan yang dilakukan dengan cara memukul bola secara mendatar dan cepat sehingga bola yang dihasilkan akan menyulitkan lawan dalam mengembalikan bola, Pukulan ini biasanya sering dilakukan pada permainan Ganda baik itu ganda Campuran ataupun ganda biasa. pukulan ini pun dapat dilakukan dengan posisi Forehand ataupun backhand. Cara dalam melakukan pukulan Drive Forehand adalah dengan cara Sikap awal harus menghadap ke samping kanan / Kiri lalu ketika bola datang langsung sambut dengan pukulan yang datar dengan ayunan tangan dari belakang menuju depan. sedangkan untuk pukulan Drive Backhand adalah dengan cara sikap awal harus kangkang dengan kai dibuka selebar bahu dan pandangan mata harus kearah samping kanan/kiri dengan badan sedikit miring dan bila bola yang datang dari arah kanan dari tubuh maka ayunkan raket dari belakang ke depan dan diusahakan bola yang dihasilkan meluncur dengan datar ke arah pertahanan lawan.

4. Jenis-jenis pukulan dalam permainan Bulutangkis — Pukulan Dropshoot

Pukulan Dropshoot merupakan pukulan yang dilakukan dengan cara mengarahkan bola ke arah pertahan an lawan di dekat net pukulan dropshoot ini dapat dilakukan dari atas kepala atau dari bawah.

5. Jenis-jenis pukulan dalam permainan Bulutangkis — Pukulan Smash.

Pukulan Smash adalah pukulan Overhead yang diarahkan ke daerah pertanahan lawan secara tajam dan Keras, dan cepat. Pukulan Smash ini dilakukan untuk menyerah lawan sehingga lawan mengalami kesulitan dalam mengembalikan bola sehingga kita dapat memperoleh point.
Demikian lah bahasan tentang 

Jenis-jenis Pukulan dalam Permainan Bulutangkis semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

1. Sejarah Bulutangkis

2. Peraturan Bulutangkis

3. Teknik Permainan Bulutangkis

4. Jenis-jenis pukulan dalam permainan (Bulutangkis Badmninton)