Macam-macam Nama Posisi Pemain Sepakbola Beserta Tugasnya

by -0 views
Macam-macam Nama Posisi Pemain Sepak bola Beserta Tugasnya |Kumpulan-Olahraga| ~ Sepakbola pasti semua orang sudah mengetahui Olahraga yang satu ini, karena olahraga Sepak bola ini merupakan salah satu olahraga yang sangat populer di dunia ini, olahraga Sepakbola ini dimainkan oleh 11 orang pemain setiap tim nya, dalam suatu tim sepakbola setiap pemain memiliki tugas dan kewajiban yang berbeda-beda sesuai dengan posisi yang di tempatinya, dalam sebuah tim kita tidak boleh sembarangan untuk menempatkan pemain contohnya pada posisi center Back kita menempatkan seorang pemain yang memiliki tipe permainan menyerang maka dengan begitu lawan akan mudah untuk menerobos pertahanan tim kita. sehingga penempatan posisi pemain ini harus sesuai dengan kriteria dari pemain.
Dalam Permainan Olahraga Sepakbola terdapat beberapa posisi yang harus Sobat ketahui dan harus diisi sesuai dengan kemampuan pemain, pada kesempatan kali ini Kumpulan-olahraga akan membahas tentang Macam-macam Posisi Pemain Sepak bola Beserta tugasnya adalah sebagai berikut :

Macam-macam Posisi Pemain Sepakbola Beserta tugasnya

1. Macam-macam Nama Posisi Pemain Sepak bola Beserta Tugasnya ~ Penjaga gawang (Goal Keeper)

Penjaga gawang perupakan pemain yang selalu berada pada bawah tiang/mistar gawang, dan berada pada barisan pertama pertahanan. Penjaga gawang ini memiliki empat peran utama yaitu diantaranya adalah Saving, Clearing, Mengarahkan Pertahanan dan Mendistribusikan bola, untuk menjadi seorang keeper ini harus memiliki badan yang tinggi, kekar serta memiliki refleks yang tinggi sehingga ketika tim lain melakukan tendangan ke arah gawang bola yang di tendang akan mudah untuk di halau atau di tangkap.

2. Macam-macam Nama Posisi Pemain Sepak bola Beserta Tugasnya ~Defender (Pemain Bertahan)

Posisi defender ini merupakan posisi pertahanan yang bertugas untuk meredam serangan yang di lakukan oleh tim lawan, dalam melakukan pertahanan ini pemain harus dapat berkoordinasi, dan berkomunikasi antara satu sama lain sehingga daerah pertahanan tidak akan mudah di tembus oleh lawan. Seorang Pemain Defender ini di samping harus memiliki skil bertahan yang bagus juga harus ditunjang juga dengan VO2Max yang bagus dan memiliki kekuatan dalam kontak fisik dengan pemain lawan. di dalam permainan Sepakbola terdapat 4 macam posisi Defender  yaitu :

a. Center Back

Posisi Center back (Back Tengah ) ini merupakan posisi pemain bertahan yang sangat penting karena center back ini merupakan Posisi Defender terakhir sebelum Penjaga gawang, sehingga untuk mengisi posisi Center Back ini harus memiliki karakteristik Berbadan Tinggi, Kuat, Berani serta memiliki teknik Intercept yang bagus sehingga dapat meminimalisir terjadinya pelanggaran apalagi pelanggaran pada kotak Penalti.
b.  Full Back
Posisi Full-Back merupakan Posisi bek yang berada di samping, yaitu bek kiri dan bek kanan. Tugas utama full-back adalah menghalau serangan lawan yang dilakukan dari arah sisi pertahanan kiri dan kanan. Posisi ini diduduki oleh pemain yang cepat dan kuat, dan juga dapat melakukan overlap ke jantung pertahanan lawan.

3. Macam-macam Nama Posisi Pemain Sepak bola Beserta Tugasnya ~ Gelandang

Posisi Gelandang merupakan posisi yang menjadi penghubung antara daerah pertahanan dengan daerah serang, Posisi Gelandang ini bertugas untuk mengalirkan bola ke depan pada saat melakukan serangan dan juga meredam serangan lawan yang akan masuk ke daerah pertahanan.

Untuk Posisi gelandang ini dibagi kedalam 3 macam yaitu :

a. Gelandang Bertahan 

Posisi Gelandang Bertahan merupakan posisi yang bertugas untuk meredam serangan yang dilakukan tim lawan, gelandang bertahan ini berada di garis pertahanan dan membantu Bek untuk melakukan pertahanan.
b. Gelandang Serang
Posisi Gelandang serang merupakan posisi yang berada di bagian tengah lapangan permainan, pemain yang menempati posisi gelandang serang ini harus memiliki kreatifitas yang tinggi juga memiliki passing yang akurat dan menjadi kreator serangan dengan mengalirkan bola menuju striker, selain itu seorang gelandang serang harus memiliki teknik dasar dan penguasaan bola yang bagus sehingga akan medah dalam mengalirkan dan merancang serangan. posisi ini juga harus pemain yang memiliki mobilitas yang tinggi.
c. Gelandang Sayap (Winger)

Posisi Gelandang sayap ini merupakan posisi yang berada di daerah sisi kanan dan sisi kiri lapangan sepakbola, posisi ini biasanya digunakan pada tim yang menggunakan pisisi 4-3-3 atau 4-2-3-1. posisi sayap ini harus ditempati oleh pemain yang memiliki dribling, passing dan kecepatan yang bagus sehingga dapat menusuk ke jantung pertahanan lawan serat emberikan umpan-umpan silang kepada striker.

4. Macam-macam Nama Posisi Pemain Sepak bola Beserta Tugasnya ~ Forward / Penyerang


Dalam sebuah tim posisi penyerang merupakan posisi yang peling menonjol dan keberadaan nya sangat diharapkan untuk mencetak sebanyak-banyaknya gol ke gawang lawan, Seorang pemain yang mengisi posisi striker ini harus memiliki naluri gol dan penempatan posisi yang bagus segingga akan mempermudah gelandang serang dalam mengalirkan bola dengan true pass yang menusuk ke jantung pertahanan lawan, selain itu seorang pemain yang mengisi posisi penyerang ini harus memiliki skill, kelincahan, kecepatan serta akurasi tendangan yang bagus.

Posisi penyerang dalam permainan sepakbola dibagi kedalam 2 macam diantranya adalah sebagai berikut :

a. Center Forward

Posisi Center Forward ini posisi nya berada di daerah pertahanan lawan, pemain ini sering juga disebut sebagai Striker atau bisa juga di sebut sebagai ujung tombak sebuah tim, Tugas utama dalri Center Forward atau striker ini adalah mencetak Gol ke gawang lawan sebanyak mungkin dengan mengkonversikan umpan-umpan dari rekan satu tim atau dapat juga sebagai pengalih perhatian pemain bertahan lawan sehingga rekan satu tim kita memungkinkan untuk mencetak gol.

b. Withdrawn Striker (Second Striker)

Posisi Penyerang sayap ini merupakan posisi yang berada di belakang dan bertugas untuk merancang dan melakukan serangan, pemain yang mengisi posisi Second Striker ini harus memiliki akurasi passing yang bagus karena merupakan pengalir serangan dan juga sebagai eksekutor bola ketika Center Forward di kawal atau dimatikan oleh pemain bertahan lawan.

Demikian lah macam-macam Nama Posisi pemain sepakbola yang berhasil kami rangkum, semoga bermanfaat. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam artikel ini, untuk sobat yang ingin mengoreksi atau menambahkan mengenai artikel Macam-macam nama posisi Pemain sepakbola beserta tugas nya ini dapat sobat cantumkan di kolom Komentar, Kritik dan saran sobat kami butuhkan untuk kemajuan blog ini .Terimakasih.

Artikel terkait Sepakbola :

1. Sejarah Sepakbola
2. Teknik dasar Sepakbola
3. Peraturan Dasar Sepakbola
4. Cara Melatih Kekuatan Tendangan Pada Sepakbola