Otomatisasi Sistem Perpakiran

by -0 views

Integrasi teknologi informasi secara berkelanjutan ke dalam semua aspek kehidupan modern yang disebabkan permintaan untuk pengolahan kendaraan sebagai sumber daya dalam sistem informasi. Hal ini dapat dicapai  oleh agen, atau dengan peralatan khusus yang cerdas yang dapat mengenali plat nomor kendaraan mereka dalam lingkungan yang nyata. Oleh karena itui, berbagai teknik telah dikembangkan untuk mengenali plat nomor kendaraan. System ini dapat digunakan dalam berbagai aplikasi dan keamanan lalu lintas, seperti parkir, akses gedung dan pengendalian, pelacakan perbatasan  atau mencegah pencurian. 

Sistem perparkiran yang ada di beberapa lokasi umum saat ini menggunakan sistem dimana petugas parkir secara aktif memasukkan data nomor kendaraan pada sistem. Gerbang parkir dibuka secara manual setelah melakukan pencocokan data karcis parkir manual oleh petugas parkir.

Dalam Smart Parking System ini semua sistem perparkiran dilakuakan oleh komputer. Mulai darai pencatatan data mobil, penentuan ketersediaan parkiran, lama durasi parkir dan validasi mobil yang keluar dari parkiran semua di lakuakan oleh komputer.

Alurkerja sistem ini dimulai saat mobil akan masuk ke area parkir melalui gerbang parkir masuk. Dengan menggunakan kamera yang terintegrasi dengan komputer dan sistem akan memotret plat nomor kendaraan. Data plat nomor yang masih dalam bentuk file gambar akan diterjemahkan menjadi huruf oleh sistem dan disismpan di dalam database. Kemudian sistem akan melakukan pengecekan ketersediaan parkir kosong dengan melakukan pengukuran lebar dari kendaraan yang ada sebelumnya. Jika ketersedian parkir ada, maka sistem akan mencetak kartu parkir yand di dalamnya terdapat barcode dan plat nomor kendaraan tersebut.
Ketika kendaraan tersebut akan keluar dari lahan parkir, kembali sistem akan melakuakn cek data. Plat nomor kendaraan kembali dipotret, data plat nomor yang masih dalam bentuk file gambar tadi diterjemahkan dalam bentuk huruf oleh sistem. Kemudian dicocokkan dengan data plat nomor yang sebelumnya telah dismpan di database. Kemudian pengendara melakuan pengecekan karcis parkir dengan menggunakan barcode yang ada pada karcis. Jika data plat nomor dan barcode kesemuanya cocok maka kendaraan dapat keluar dari lahan parkir.

Smart Parking System ini merupakan sebuah inovasi yang dibuat oleh Puguh Hasta Gunawan (06.11.1311) mahasiswa STMIK AMIKOM Yogyakarta. Inovasi ini telah lolos pada tahap pertama Indonesian ICT Award 2009. Kita doakan bersama inovasi ini dapat lolos menjadi juara di acara tersebut. MaSuk
link : klik disini