Pengertian dan Teknik dasar Lompat Jauh

by -0 views
Pengertian dan Teknik Dasar Lompat Jauh | Kumpulan-olahraga | ~ Lompat jauh merupakan salah satu cabang dari Olahrga Atletik dari Nomor Lompat yang banyak di pertandingkan dalam kejuaraan-kejuaraan baik itu kejuaraan dunia seperti Olimpiade maupun kejuaraan daerah bahkan pada kejuaraan Siswa dan mahasiswa perguruan tinggi. pada saat ini lompat jauh sudah mulai di perkenalkan dan dimasukan kedalam mata pelajaran di SMP dan SMA, hal ini bertujuaan agar dapat menyeleksi dan mencetak Atlet-atlet Lompat jauh yang handal dan berprestasi.
Pengertian dan Teknik dasar Lompat jauh ~ Pengertian Lompat jauh adalah suatu gerakan melompat kedepan yang bertujuan untuk membawa badan selama mungkin di udara (Melayang) yang dilakukan dengan cepat dengan menggunakan tolakan pada satu kaki untuk memperoleh jarak lompatan sejauh-jauhnya. Tujuan dari lompat jauh adalah untuk mencapai lompatan sejauh-jauhnya pada bak lompat yang biasanya beralaskan pasir, jarak lompatan diukur dari papan tolakan sampai dengan batas terdekat dari letak titik pendaratan yang dihasilkan oleh bagian tubuh. 

Pengertian dan Teknik Dasar Lompat Jauh

Teknik Dasar Lompat Jauh 

Dalam melakukan lompat jauh di perlukan kekuatan dari otot kaki dan koordinasi gerak antara kaki dan anggota tubuh lain nya karena pada saat melakukan tolakan tidak hanya kaki yang berperan dalam keberhasilan lompatan, lompatan yang tinggi dan jauh harus ditunjang juga oleh ayunan tangan pada saat menolak. dalam lompat jauh ini terdapat beberapa fase gerakan yang harus dilakukan dengan sempurna yaitu Awalan, Tolakan, Melayang, dan Mendarat berikut ini adalah teknik awalan, tolakan, melayang dan mendarat yang benar adalah sebagai berikut :

1. Teknik dasar Lompat Jauh ~ Awalan 

Tujuan dari awalan adalah untuk mendapatkan kecepatan yang stinggi-tingginya agar dorongan massa kedepan lebih besar sehingga akan menghasilkan lompatan yang tinggi dan jauh. langkah-langkah melakukan awalan adalah :
  • Posisi badan bersiap dengan pandangan tertuju kepada papan tolakan.
  • Lakukan lari kecil agar, dan kemudian tambah kecepatan sedikit demi sedikit dan ketika kira-kira 5 meter dari papan tumpuan tambah kecepatan sprint agar mendapatkan daya dorong yang tinggi.
  • Lakukan lah tumpuan pada balok tumpu dengan bagian kaki yang paling dominan misalnya kaki kanan, hal ini dilakukan tanpa mengurangi kecepatan lari.

2. Teknik dasar Lompat Jauh ~ Tolakan  

Tolakan merupakan suatu gerakan yang sangat penting untuk mendapatkan hasil lompatan yang maksimal, sewaktu malakukan tumpuan posisi badan jangan terlalu condong, seperti hal nya pada saat melakukan awalan tolakan juga harus dilakukan dengan cepat dan kuat serta si pelaku harus tetap menjaga keseimbangan agar badan tidak oleng atau bahkan terjatuh, pada tolakan ini ayunan tangan sangat membantu dalam keberhasilan dan dapat juga menentukan jauh nya lompatan yang kita lakukan. Cara melakukan tolakan adalah sebagai berikut :
  • Ayunkan kaki dan ke posisi horizontal dan dipertahankan 
  • sewaktu melakukan tolakan bagian kaki harus diluruskan 
  • kemudian lakukan lah tolakan dengan menggunakan kaki terkuat 
  • menolak lah kedepan dan ke atas dengan disertai ayunan tangan agar dapat membantu jauh nya lompatan 
  • sudut tolakan dilakukan sekitar 45 derajat.

3. Teknik dasar Lompat Jauh ~ Melayang di Udara

Gerakan melayang di udara pada saat melakukan lompatan merupakan salah satu teknik lompat jauh yang harus dikuasai oleh setiap atlet, ketika melayang di udara di usahakan tangan diayunkan ini bertujuan agar menyeimbangkan badan ketika melayang, gerakan melayang diudara ini merupakan salah satu teknik yang harus di kuasai oleh setiap atlet karena melayang ini merupakan salah satu faktor pendukung agar lompatan kita maksimal dan jauh untuk lebih jelasnya dapat Sobat baca “DISINI”

4. Teknik dasar Lompat Jauh ~ Mendarat.

Seorang atlet lompat jauh harus memiliki dan menguasai teknik dasar pendaratan yang baik dan benar karena pendaratan merupakan akhir tujuan dan yang menjadi dasar penilaian juri dalam Lompat jauh ini, Pendaratan dilakukan dengan persiapan menundukan kepala, Mengayun lengan, dan membawa pingang ke dapan. dengan demikian bagian anggota badan yang lainnya tidak menyentuh pasir lebih belakang daripada kaki, apabila menyentuhpun bagian tersebut harus berada di depan kaki.
untuk meningkatkan penguasaan teknik dasar lompat jauh anda harus memperhatikan Faktor-faktor yang menentukan hasil lompatan seseorang diantaranya sebagai berikut :

  1. Penentuan Jarak awalan yang tepat
  2. Penentuan irama awalan yang tepat
  3. Kemampuan melakukan tolakan
  4. Kemampuan melayang
  5. dan kemampuan dalam melakukan pendaratan.

demikian lah pembahasan tentang Pengertian dan teknik dasar Lompat jauh semoga bermanfaat.

bagi sobat yang ingin mengetahui apa saja cabang dari olahraga atletik kujungi lah “Cabang Olahraga Atletik”