Pengertian Olahraga

by -0 views
Olahraga merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.
Secara umum pengertian Olahraga adalah Sebagai salah satu aktifitas Fisik maupun Fikiran yang bertujuan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas kesehatan. saking pentingnya Olahraga ini kemudian dimasukan kedalam mata pelajaran di Sekolah-sekolah hal ini bertujuan agar seluruh siswa/siswi dapat menggerakan badannya munimal seminggu sekali agar tubuh mereka sehat.
akan tetapi dalam Olahraga ini harus lah sesuai dengan takaran nya masing-masing, Terlalu kurang Olahraga memang lah tidak baik pada kesehatan akan tetapi jika terlalu sering dan diforsir dalam melakukan Olahraga juga akan mengganggu kesehatan maka dari itu dalam melakukan Olahraga harus diatur sesuai kebutuhan, akan tetapi dalam melakukan Olahraga ini harus ditunjang dengan mekanan yang bergizi agar kalori yang dikeluarkan dapat digantikan dan kesehatan tubuh dapat terjaga.
Olahraga dalam Bahasa inggris disebut Sport” dalam bahasa inggris Olahraga diartikan sebagai semua aktivitas tubuh berupa permainan yang berisi perjuangan melawan unsur-unsur alam, oranglain, maupun diri sendiri. Ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa dilakukan baik olahraga Permainan, Perlombaan, maupun olahraga Rohani yang memiliki kegunaan dan tiap masing-masing Olahraga memiliki manfaat yang berbeda.

Pengertian Olahraga menurut beberapa Ahli diantaranya :

1. Menurut Cholik Mutohir

Olahraga adalah proses sistematik yang berupa kegiatan atau usaha yang dapat menolong mengembangkan dan membina Potensi-potensi jasmaniah dan rohaniah sesorang sebagai perorangan atau anggota masyarakat berupa Permainan, Pertandingandn prestasi puncak pembentukan manusiayang memiliki ideologi seutuhnya dan berkualitas berdasarkan dasar negara atau Pancasila.

2. Menurut Edward.

Olahraga harus spontan dari konsep bermain, games dan Sport.

3. Menurut Hans Tandra

Olahraga adalah gerakan tubuh yang beriramadan teratur untuk memperbaiki dan meningkatkan kebugaran.

4. Menurut Ensiklopedia Indonesia.

Olahraga adalah gerak badan yang dilakukan oleh satu orang atau lebih yang merupakan regu atau rombongan.

5. Menurut Menpora Malady.

Olahraga adalah segala kegiatan manusia untuk melakukan misi hidup dan cita-citanya, Cita-cita Politik, Sosial, Ekonomi, Kultural dan sebagainya.

6. Menurut Kathryn Marsden

Olahraga adalah pengusir Stress terbaik yang pernah ditemukan.

7. Menurut Suryanto Rukmono

Olahraga adalah suatu kegiatan untuk melatih tubuh kita agar badan terasa kuat dan sehat baik secara Jasmani maupun Rohani.

8. Mnurut Jessica Dolland

Olahraga adalah pereda stress yang sangat baik, olahraga dapat mengalihkan pikiran dari Kekhawatiran dengan cara meredakan ketegangan Otot tubuh.

9. Menurut Dewan Eropa

Olahraga adalah Aktivitas spontan, bebas dan dilaksanakan dalam waktu luang.
Berdasarkan pengertian dari beberapa ahli tersebut dapat kita simpulkan bahwa Olahraga adalah suatu kegiaatan yang dilakukan untuk mengolah dan melatih tubuh baik Jasmani dan Rohani yang bertujuan untuk mendapatkan tubuh yang sehat. 
untuk itu marilah kita luangkan waktu untuk melakukan Olahraga agar tubuh kita sehat dan kuat dan dapat terhindar dari
penyakit.
Demikian ulasan tentang Pengertian Olahraga semoga bermanfaat, Bagi sobat yang ingin mengetahui dan mendalami jenis-jenis cabang olahraga kunjungilah “Kumpulan Olahraga”
Terimakasih atas Kunjungan Anda.