Peraturan dasar Sepak Bola Standar FIFA

by -0 views

Pada artikel saya sebelum nya Kumpulan Olahraga telah mengulas Sejarah Singkat Permainan Sepakbola, Untuk yang akan Mendalami mengenai permainan Sepakbola pada kesempatan kali ini saya akan mengulas Peraturan Dasar Permainan Sepakbola menurut standar FIFA (Federation of International Football Asosiation) diantaranya :

1. Lapangan Permainan

Dalam pertandingan Sepakbola lapangan yang dipergunakan untuk permainan ini harus lah beralaskan Rumput, baik itu Rumput Sintetis maupun Rumput alami akan tetapi untuk penggunaan Rumput Sintetis sangatlah jarang karena mudah rusak dan rumput dapat menyebabkan cedera pada para pemain oleh karena itu penggunaan Rumput Sintetis ini harus lah mendapatkan Persetujuan dari FIFA.
Untuk Ukuran Lapangan menurut standar Internasional adalah :

Panjang : Min : 100 M (110 Yds) – Max 110 M ( 120 Yds)

Lebar    : Min 64 M ( 70 Yds) – Max 75 M (80 Yds)

Lapangan sepakbola ini ditandai dengan Garis, untuk penentuan Pembuatan Garis Batas adalah berdasarkan Ukuran dan kegunaan garis itu sendiri diantaranya :
a. Garis Pinggir lapangan harus berbentuk persegi dan mengikuti ukuran lapangan yang telah ditentukan sebelumnya.
b. Garis sentuh atau yang lebih dikenal dengan Kotak Penalty, garis ini berukuran 16,5 M ( 18 Yds) dari dalam Gawang masing-masinggaris-garis ini meluas kedalam bidang permainan untuk jarak 16,5 M dan bergabung dangan garis yang ditarik sejajar dengan garis gawang. untuk titik penalty diambil 11 M dari gawang.
c. Garis Gawang garis gawang berukuran 5,5 M (6 Yds) dari dalam gawang masing-masing garis ini meluas ke bidang bermain untuk jarak 5,5 M dan bergabung dengan garis yang ditarik sejajar dengan garis gawang daerah dibatasi oleh garis gawang adalah daerah gawang.
d. Garis Tengah lapangan merupakan garis yang membagi lapangan menjadi dua bagian sama besar yang bergabung dengan titik tengah. titik tengah tengah ini merupakan daerah yang digunakan dalam awal permainan /Sudah terjadi Gol.
e. Garis Pusat akan ditunjukan dengan titik tengah dari garis tengah dan terdapat sebuah lingkaran dwengan radius 9,15 M (10Yds) dari busur sudut dan pada sudut kanan ke garis tujuan dan garis-garis sentuhan.

Gawang merupakan tempat untuk mencetak Point, apabila bola memasuki gawang maka Point akan bertambah. gawang ini ditempatkan pada pusat Setiap garis Gawang, gawang ini  terdiri dari dua tiang yang sama tinggi yaitu dengan ukuran 2,44 M dan jarak antar tiang 7,32 M, kedua tiang gawang haruslah memiliki lebar dan kedalaman yang sama, kemudian dipasang jaring agar bola yang memasuki gawang dapat terlihat jelas karena mengenai jaring.

2. Bola 

Kualitas dan Ukuran bola harus memenuhi syarat sebagai berikut :

  • Bola harus berbentuk Bundar sempurna agar bola dapa menggelinding dengan sempurna.
  • Terbuat dari Kulit atau bahan yang cocok lain nya dengan syarat tidak membahayakan pemain
  • lingkar bola tidak melebihi 70 Cm (28 Inch) dan tidak kurang dari 68 Cm ( 27 Inch)
  • Berat di awal pnggunaan tidak lebih dari 450 gr. (16 Onz) dan tidak kurang dari 410 gr (14 Onz) 
  • Tekanan Udara 0,6-1,1 atmosfer ( 600-1.100 gr/Cm2) diatas permukaan laut (8,5 lbs/sq in – 15,6 lbs/sq in )

jika dalam pertandingan Bola yang digunakan Pecah/Rusak maka Pertandingan dihentikan sejenak dan Wasit mengganti bola dengan melakukan DropBall di tempat bola tersebut. kecuali jika bola rusak tidak dalam waktu permainan berlangsung (Kickoff) maka permainan dilanjutkan sesuai aturan.
dalam pertandingan resmi bola yang digunakan haruslah memiliki Logo FIFA yang ditandai dengan adanya Logo “FIFA APPROVED” , “FIFA INSPECTED” atau “INTERNATIONAL MTCHBALL STANDART” logo tersebut menunjukan bahwa bola tersebut telah diuji secara resmi dan ditentukan sesuai dengan persyaratan teknis.

3. Jumlah Pemain.

Dalam sebuah pertandingan, sepakbola dimainkan oleh dua team, dengan masing-masing team berjumlah 11 (sebelas) orang dan jumlah tersebut sudah termasuk 1 orang Kiper (Penjaga Gawang), apabila dalam sebuah pertandingan salah satu team berjumlah kurang dari 7 (tujuh) orang maka pertandingan tidak dapat dilanjutkan.
dalam sebuah pertandingan resmi hanya diperbolehkan melakukan pergantian Pemain sebanyak 3 (tiga) kali kecuali jika dalam pertandingan lain yang telah disepakati oleh team lain nya mengenai jumlah pergantian pemain. dalam melakukan pergantian pemain Ofiicial wajib memberikan nama pemain yang akan dimasukan dan ditarik, dan apabila tidak memberikan nama pemain yang akan menjadi pemain pengganti maka pemain tersebut tidak dapat bermain. dalam sepakbola terdapat beberapa Prosedur pergantian pemain diantaranya :

  • Wasit harus diberitahu sebelum pergantian
  • Pemain Pengganti hanya boleh memasuki lapangan apabila pemain yang digantikan telah keluar dari lapangan.
  • Pengganti memasuki lapangan dari bagian tengah (tepi Garis tengah) lapangan dan ketika permainan Berhenti.
  • Semua pengganti tunduk pada otoritas dan yuridikasi wasit apakah dipanggil untuk bermain atau tidak.
  • Apabila pemain pengganti masuk tanpa sepangetahuan wasit maka wasit dapat menghentikan permainan dan berhak mengusir pemain pengganti dari dsalam lpangan.

4. Keselamatan.

Seorang pemain wajib mengenakan perlengkapan Keselamatan, dalam permainan sepakbola ini Perlengkapan dasaryang harus dipakai adalah :

  • Jersey atau baju kesebelasan jika menggunakan pakaian dalam warna lengan harus menjadi warna Utama yang sama dengan warna Baju/Jersey, tetapi untuk penjaga gawang harus mengenakan Jersey yang berbeda dengan pemain lainnya.
  • Celana Pendek – Jika menggunakan pakaian dalam harus memiliki warna utama yang sama dengan celana Pendek.
  • Shinguard atau pelindung tulang kering harus tertutup dengan kaus kaki
  • Kaus kaki harus menutupi Betis.
  • Sepatu.

5. Pelaksanaan Pertandingan.

Dalam sepakbola pertandingan dilakukan dengan waktu 2x 45 menit dengan diselingi dengan Jeda istirahat ketika waktu 45 pertama telah habis selama 15 Menit. untuk mengganti waktu yang terbuang oleh pergantian pemain, penilaian pemain yang cedera, dan penyebab lain nya maka wasit berhak mengganti dengan melakukan atambahan waktu sesuai dengan lama nya waktu yang terhenti.

Sekian artikel Tentang Peraturan dasar Permaianan Sepakbola semoga bermanfaat.