Peraturan Permainan Futsal

by -0 views
Peraturan Permainan Futsal — Futsal pada sekarang ini merupakan Olahraga yang semakin Populer dikalangan masyarakat karena Permainan ini tidak memerlukan tempat yang luas juga tidak mengenal Cuaca karena dilakukan didalam ruangan. Pada Posting saya sebelumnya saya telah mengulas tentang Sejarah Permainan Futsal dan pada kesempatan ini saya akan mengulas tentang Peraturan Permainan Futsal.
Dalam Permainan Futsal Peraturan telah diatur  oleh FIFA (Federation Internasional Footbal Asosiation)  beberapa Peraturan dasar yang harus dipatuhi diantarnya :
1. Peraturan Permainan Futsal — Luas Lapangan Pertandingan
  • Dalam Peraturan Permainan Futsal Internasional Ukuran lapangan permainan Futsal menurut standar FIFA adalah panjang 25-43 m x lebar 15-25 m 
  • Untuk Garis sentuh di sisi, Garis Gawang dan garis yang melintang ditengah lapangan Pertandingan dengan lebar garis 8 cm, dan 3 m lingkaran tengah dengan tidak ada tembok penghalang atau papan penghalang.
  • Untuk daerah Penalti harus 6 meter dari titik tengah garis gawang dan untuk titik penalti kedua 10 meter dari titik tengah garis gawang.
  • Zona Pergantian berada pada sisi tribun dari pelemparan atau 5 meter dari garis tengah lapangan.
  • Untuk gawang mengikuti standar FIFA yaitu tinggi Gawang 2 m dengan lebar 3 m.   
  • Permukaan lantai daerah pelemparan harus rata.
2. Peraturan Permainan Futsal — Bola
Peraturan Permainan Futsal — Bola yang digunakan untuk Futsal ini harus bola dengan Ukuran 4 dengan keliling 62-64 cm, dan berat 0,4 – 0,04 Kg. dan lambungan pada pantulan pertama sekitar 55 – 65 cm dengan bahan kulit atau bahan lainnya yang cocok dan tidak membahayakan Pemain.
3. Peraturan Permainan Futsal — Jumlah Pemain
  • Menurut Peraturan Permainan Futsal Jumlah pemain dalam Pertandingan Futsal adalah sebanyak 5 orang yang terdiri dari 4 Pemain dan 1 Penjaga gawang dengan jumlah pemain untuk mengakhiri pertandingan adalah sebanyak 2 orang akan tetapi tidak termasuk 2 pemain cedera. untuk jumlah pemain Cadangan maksimal Berjumlah 7 Orang, untuk pergantian pemain dalam permainan Futsal ini sangatlah berbeda dengan Sepakbola karena untuk Futsal tidak dibatasi jumlah pergantian pemain, untuk pergantian pemain menggunakan sistem melayang yaitu semua pemain boleh memasuki dan meninggalkan lapangan terkecuali penjaga gawang harus menunggu bola berhenti terlebih dahulu dan dengan persetujuan wasit yang memimpin pertandingan.
  • Wasit tidak boleh menginjak lapangan terkecuali jika ada pelanggaran-pelanggaran yang mengharuskan wasit memasuki lapangan Permainan.
4. Peraturan Permainan Futsal — Waktu Pertandingan
Peraturan Permainan Futsal — Dalam Permainan Futsal lama waktu permainan hanyalah 40 menit dan dibagi kedalam 2 babak (2 x 20 menit) dengan lama waktu istirahat ketika pergantian babak adalah 10 menit dan apabila skor imbang dan harus diadakan perpanjangan waktu maka dilanjutkan dengan babak tambahan waktu dengan lama pertandingan perpanjangan 2 x 5 menit dan apabila setelah diadakan perpanjangan waktu keadaan masih imbang maka dilanjutkan dengan babak Adu Penalti.
demikianlah Peraturan dasar pertandingan Futsal semoga bermanfaat.
Bagi anda yang ingin mendalami Olahraga Futsal Kunjungi juga Sejarah Permainan Futsal dan Teknik Permainan Futsal.