Peraturan permainan Voli Pantai/Pasir

by -

Peraturan Permainan Voli Pantai/Pasir.

Peraturan Voli Pantai /Pasir —- Voli Pantai /Pasir merupakan salah satu cabang Olahraga dari nomor Voli yang mulai di pertandingkan di dalam event-event  atau kejuaraan resmi, voli pantai/pasir ini pada dasarnya hampir sama dengan permainan Voli Indor hanya saja yang membedakan adalah jumlah pemain pada Voli Pantai ini berjumlah 2 orang tiap regunya dan untuk voli pantai ini tidak ada pemain cadangan. perbedaan lainnya adalah perpindahan lapangan pada Voli Indor dilakukan setelah salah satu team telah menghabiskan point 25 atau 1 set, akan tetapi pada voli pantai/pasir ini perpindahan lapangan dilakukan apabila jumlah point team yang bertanding telah mencapai kelipatan angka 7 (7,14,21,28……… dst).
Peraturan Voli Pantai /Pasir —- pada artikel sebelumnya Kumpulan Olahraga telah mengulas tentang Sejarah Voli Pantai /Pasir pada kesempatan kali ini Kumpulan Olahraga akan mengulas tentang Peraturan dasar Permainan Voli pantai. kita langsung ke TKP…………
Peraturan Voli Pantai /Pasir —- Pada dasarnya sebagian peraturan yang terdapat pada Voli Pantai ini hampir sama dengan Peraturan Voli Indor pada umumnya, diantaranya kontak pemain dengan bola tidak boleh lebih dari tiga sentuhan sebelum bola itu disentuh oleh pemain lain dalam satu team maupun team lain. selain itu peraturan dasar permainan Voli Pantai

/Pasir adalah sebagai berikut :

  1. Dalam permainan voli pantai lapangan yang digunakan berbeda dengan lapangan Voli Indor yaitu pada Voli Pantai luas lapangan adalah 8 x 8 m dan tidak memilikigaris 3 meter (garis serang) sedangkan pada voli indor lebar lapangan Voli Indor adalah seluas 9 x 9 meter.
  2. lapangan yang digunakan sangatlah berbeda dengan Voli Indor, Pada Voli Pantai lapangan yang digunakan hanya beralaskan pasir pantai.
  3. Pada permainan Voli pantai tidak terdapat garis pembatas / Garis tengah lapangan 
  4. Pada permainan Voli Pantai menyebrang ke area lawan melalui bawah net tidak dianggap sebagai sebuah pelanggaran selama hal tersebut tidak mengganggu pihak lawan.
  5. Pada Voli Pantai melewatkan bola dengan menggunakan ujung jari-jari dianggap sebagai pelanggaran teknik ini dikenal dengan istilah Opend-hands Dinks.
  6. Pada Voli pantai tidak perlu adanya Perputaran Posisi pemain karena dilakukan oleh 2 orang.
  7. Servis dilakukan secara bergantian.
  8. Dalam permainan Voli pantai ini tidak ada pemain Cadangan sehingga stamina pemain harus benar-benar kuat.
  9. Biasanya para pemain Voli Pantai ini bermain tanpa menggunakan alas kaki (sepatu), dikarenakan lapangan voli pantai menggunakan pasir pantai,
  10. Pada permainan voli pantai menggunakan bola yang sedikit lebih kecil akan tetapi lebih berat dan lebih lunak dari bola yang biasa digunakan pada voli indor, hal ini bertujuan karena biasanya pertandingan dilakukan di tepi pantai yang meiliki angin yang relatif kencang, dengan penggunaan bola yang sedikit berat dan lunak menjadikan bola tidak terlalu tertiup angin.
  11. Perpindahan lapangan dilakukan pada jumlah point kedua tim yang bertanding telah mencapai kelipatan angka 7 (7,14,21,28……….. dst).
  12. Jumlah point pada Pertandingan Voli Pantai /pasir tiap set nya berjumlah 21.
  13. Pelatih tidak di perbolehkan memasuki lapangan permainan.

Peraturan Dasar Permainan Voli pantai —- demikian lah Peraturan dasar permainan Voli Pantai, bagi sobat yang ingin memperdalam pengetahuan tentang olahraga Voli kunjungi lah :
  1. Sejarah Voli Pantai
  2. Sejarah Olahraga Voli
  3. Peraturan Olahraga Voli
  4. Teknik Permainan Voli
  5. Teknik Melakukan Spike/smash
  6. Teknik Latihan Pasing atas & Pasing Bawah 
  7. Cara Melatih Lompatan Spike/Smash