Sejarah Atletik

by -0 views
Sejarah Atletik |Kumpulan-olahraga| ~ Menurut Sejarah Atletik Dunia merupakan salah satu cabang yang pertama kali dipertandingkan dalam Olimpiade, dimana Eventsatu-satunya adalah Lari atau Stade, Atletik disebut juga sebagai Ibu dari Olah raga lain nya (Mother Of Sport), pada zaman yunani kuno Olahraga atletik diadakan bertujuan untuk menunjukan siapa yang terkuat, tercepat dan tertinggi (Portius, Altius dan Stius) dari yang lainya. Atletik merupakan olahraga yang tumbuh dan berkembang dengan kegiatan alami manusia seperti lari lempar dan lompat sehingga manusia pada zaman intu melatih dirinya agar mampu berlari cepat karena merupakan suatu kehormatan apabila mereka dapat menjuarai kejuaraan tersebut. 

Sejarah Atletik 

Sejarah Atletik ~ Di abad 19 organisasi formal dari event modern dimulai. Ini termasuk dengan olahraga reguler dan latihan di rezim sekolahan. Royal Millitary College di Sandhurst mengklaim menggunakan ini pertamakali di tahun 1812 dan 1825 tetapi tanpa bukti nyata. Pertemuan yang paling tua diadakan di Shrewsbury, Shropshire di 1840 oleh Royal Shrewsbury School Hunt. Ada detail dari seri pertemuan tersebut yang ditulis 60 tahun kemudian oleh C.T Robinson dimana dia seorang murid disana pada tahun 1838 sampai 1841. Eeck Military Academy dimana Woolwich menyelenggarakan sebuah kompetisi yang diorganisir pada tahun 1849, tetapi seri reguler pertama dari pertemuan digelar di Exeter College,Oxford dari 1850. 
Sejarah Atletik ~ Atletik modern biasanya diorganisir sekitar lari 400 m di trek di hampir semua even yang ada. Acara lapangan (melompat dan melempar) biasanya memakai tempat di dalam trek. Atletik termasuk di dalam Olimpiade modern di tahun 1896 dan membentuk dasar-dasarnya kemudian. Wanita pertama kali dibolehkan berpartisipasi di trek dan lapangan dalam event Olimpiade tahun 1928. Sebuah badan pengelola internasional dibentuk, IAAF dibentuk tahun 1912. IAAF menyelenggarakan beberapa kejuaraan dunia outdoor di tahun 1983. Ada beberapa pertandingan regional seperti kejuaraan Eropa, Pan-American Games dan Commonwealth Games. Sebagai tambahan ada sirkuit Liga Emas professional, diakumulasi dalam IAAF World Athletics Final dan kejuaraan dalam ruangan seperti World Indoor Championship. Olahraga tersebut memiliki profil tinggi selama kejuaraan besar, khususnya Olimpiade, tetapi yang lain kurang populer. 
Sejarah Atletik ~ AAU (Amateur Athletic Union) adalah badan pengelola di Amerika Serikat sampai runtuh dibawah tekanan profesionalisme pada akhir tahun 1970. Sebuah badan baru bernama The Athletic Congress (TAC) dibentuk, dan akhirnya dinamai USA Track and Field (USATF atau USA T&F). Sebuah tambahan, organisasi dengan struktural yang lebih kecil, Road Runner Club of America (RRCA) juga ada di USA untuk mempromosikan balap jalanan. Di masa modern, atlet sekarang bisa menerima uang dari balapan, mengakhiri sebutan “amatirisme” yang ada sebelumnya. Atletik dibagi kedalam tiga Nomor yaitu : 

A. Sejarah Atletik ~ Lari Pengertian 

Lari menurut kamus besar bahasa indonesi adalah Gerakan melangkah dengan kecepatan tinggi, akan tetapi lari sangatlah berbeda dengan melangkah dikarenakan ketika kita melakukan lari kaki tidak bersamaan menyentuh tanah seperti kita berjalan. dalam Olahraga Atletik lari menjadi salah satu Nomor yang dipertandingkan dan dibagi kedalam 3 (tiga) macam diantaranya : 
  • Putra: 100 m, 200 m, dan 400 m 
  • Putri; 100 m, 200 m, dan 400 m 

  • a. Putra : 800 m, 1500 m,, dan 3000 m (special Chose) 
  • b. Putri: 800 m, 1500 m, dan 3000 m 

3. Lari jarak Jauh Putra dan Putri 5000 dan 10000 m. 
5. Lari Gawang 
6. Lari Marathon Putra/Putri 42.195 m. 

B. Sejarah Atletik ~ Pengertian Lompat

Lompat menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah Bergerak dengan mengangkat kaki yang diawali dengan awalan secara bersama sama, dalam atletik lompat dibagi kedalam beberapa cabang yaitu : 
4. dan Lompat Jangkit 
Pada dasarnya dalam melakukan lompatan ini ada beberapa Teknik bagian yang sangat penting diantaranya adalah Teknik Awalan, tumpuan, Melayang dan ketika mendarat. 

C. Sejarah Atletik ~ Lempar Pengertian 

Lempar Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah melontarkan jauh-jauh suatu benda, dalam olahraga Atletik ini lempar termasuk kedalam Nomor yang dipertandingkan. ada dua jenis Nomor lempar yang dipertandingkan dalam Atletik diantaranya Lempar Lembing dan Lempar Cakram perbedaan Lempar Lembing dan Lempar Cakram adalah pada benda yang dilemparkan untuk lempar Lembing alat yang diginakan adalah berupa Tongkat yang tebuat dari Bambu atau kayu dengan ujung yang runcing agar tongkat yang dilemparkan tersebut dapat menancap pada arena lemparan. berbeda dengan Lempar Cakram yang menggunakan alat yang terbuat dari karet berbentuk Bundar pipih seperti pesawat Ufo. 
Demikian Sejarah Atletik semoga bermanfaat. untuk lebih jelas nya mengenai nomor yang dipertandingakan dalam Atletik akan saya tulis dalam artikel berikut nya. 
Kunjungi Juga : 
5. Sejarah Atletik