Sejarah Hockey

by -0 views

Hockey merupakan sebuah Olahraga yang dimainkan antara dua regu yang setiap pemain nya memegang sebuah tongkat bengkok yang sisebut Stick yang digunakan untuk memukul, menahan dan memasukan bola kedalam gawang lawan, Menurut beberapa sumber Olahraga Hockey ini berasal dari Persia Kuno dan Mesir Kuno karena pada Dinding relief permainan Bola dengan menggunakan Stick ini tergambar pada tembok Kuburan di lembah raja dekat Bani Hasan di Mesir Kuno.

Permainan Hockey pada Zaman Mesir Kuno ini menggunakan Pelepang palem dan bola yang keras sebagai alat permainan, pada kala itu permainan ini disebut dengan Hoksa, dengan berkembanganya zaman permainan Hoksa ini mulai berkembang ke Bagian Arab dan negara Afrika Utara.
Akan tetapi sejarah mengatakan lain yang menghendaki England (Inggris) untuk mendapatkan kehormatan sebagai tempat terlahirnya Hockey Modern. Pada tahun 1800 sebuah almanak mencatat adanya permainan ini dan namanya  pun sudah hockey, dan pada tahun 1886 dibentuklah Induk Organisasi Hoki pertama yang di sebut English Hockey Association. kemudian pada sekitar tahun 1890 Olahraga Hockey ini mulai menyebar ke dataran Eropa
Di Indonesia Permainan Olahraga Hockey ini sudah mulai di mainkan sebaleum perang dunia ke dua kemungkinan Olahraga ini dibawa oleh bangsa Belanda sekitar tahun 1920-1925, pada saat itu para Kolonis belanda mendirikan Klub Hockey yang kemudian menyebarkan dan berkembang secara Khusus di kalangan Bangsa Belanda dan Eropa serta sebagaian Bangsa Indonesia sendiri yang diperkenankan Ikut dalam permainan Hockey ini. kemudian Olahraga Hockey ini mulai di ajarkan di sekolah sekolah belanda dan sekitar tahun 1950-1955 olahraga Hockey ini mencapai masa kepopuleran nya yang dapat dilihat dari jumlah penggemar olahraga dan juga lapangan Hockey yang tersedia.
Olahraga Hockey ini semakin populer dengan diprakarsai oleh iskandar simanjuntak yg mendirikan perkumpulan hoki andalas di medan, yg anggotanya terdiri dr guru2 dan siswa mulo joshua institut medan, dan seiring dengan Proklamasi Kemerdekaan RI olahraga diproklamirkan pula Organisasi Hockey atas prakarsa tokoh olahraga,yaitu yaitu yusuf ismail,padmo,sumasto,s. Asikin dengan mendirikan Persatuan Hoki Seluruh Indonesia (PHSI), dan sejak saat itu PHSI ini melakukan upaya-upaya agar Olahraga Hockey indonesia dapat berkiprah dikancah Internasional.

Demikian lah Sejarah Singkat tentang Olahraga Hockey semoga Bermanfaat.
Terimakasih atas kunjungan anda.