Sejarah Permainan Polo Air

by -0 views
Sejarah Permainan Polo Air |Kumpulan Olahraga| ~ Menurut Sumber Sejarah Permainan Polo Air berasal dari negara Inggris, permainan Polo Air ini tidak dimainkan di kolam renang melainkan dimainkan di daerah sungai atau danau, dan juga belum ada peraturan yang baku yang sangat berbeda sekali dengan permainan Polo Air pada saat ini yang sudah menggunakan Kolam Renang dan juga telah memberlakukan peraturan dalam permainan nya. Olahraga Polo Air ini hampir sama dengan permainan Handball yaitu memasukan bola kedalam gawang yang di jaga oleh penjaga gawang untuk mendapatkan Point, dengan cara melempar dan mengoper bola dengan menggunakan tangan .
Seiring berkembangnya jaman yang semakin modern permainan Polo air mulai berkembang menjadi suatu cabang olahraga permainan yang memiliki peraturan yang telah di sepakati oleh seluruh pemain dan Oraganisasi dan harus dipatuhi tanpa terkecuali, apabila peraturan tersebut dilanggar maka akan mengakibatkan Point untuk lawan atau bahkan apabila peraturan dasar pertandingan yang mereka langgar maka tim tersebut tidak diperbolehkan bermain atau bahkan bisa di diskualifikasi.
Pada tahuh 1904, permainan Polo Air ini mulai dimasukan kedalam cabang olahraga dan mulai di pertandingkan dalam event besar yaitu Olimpiade, dalam kenyataan nya olahraga polo air ini rentan dengan adu fisik dan kekerasan sehingga melihat hal yang seperti hal itu Organisasi resmi internasional Polo Air yaitu FINA mulai membuat peraturan baku dan resmi untuk pertandingan Polo Air ini.
Sejarah Permainan  Polo Air
Sejarah Permainan  Polo Air
Olahraga Polo Air ini mulai masuk dan di perkenalkan di Indonesia yaitu sekitar tahun 1908 dan kemudian mulai berkembang di era 1950 – 1960, pad saat itu perkembangan lahraga Polo air ini sangat pesat sehingga Indonesia pun cukup di segani di kancah internasional, tim Polo Air ini banyak mengikuti Internasional seperti Sea Games dan tidak pernah absen dalam ajang tersebut, bahkan tim Polo Air indonesia memiliki prestasi yang baik.
Baru pada sekitar tahun 2000 an, di beberapa Provinsi mulai berkembang dan melakukan pembinaan olahraga Polo Air ini diantaranya adalah Provinsi Jambi, Sumut, Sumsel, Sumbar, Sulsel, Jabar, Jatim, Jateng dan DKI Jakarta. sehingga olahraga ini pun di masukan kedalam cabang Olahraga yang di pertandingkan di Event-event resmi seperti Pekan Olahraga Daerah (PORDA) bahkan sampai ke level Pekan Olahraga Nasional (PON), dan juga pada tahun 2005 PB. PRSI (Pengurus besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia) mengupayakan untuk mengembangkan dan memajukan kembali Cabang Olahraga Polo Air ini, yaitu dengan mengadakan kejuaraan liga Polo Air dan liga ini terus dilakukan rutin setiap tahun.
Dengan diadakannnya kejuaraan atau Liga Polo Air ini berhasil mengangkat kembali nama Olahraga Polo Air ini sehingga masyarakat mulai mengenal dan tertarik untuk mendalami olahraga Polo Air ini, di dalam Liga Polo Air ini setiap Tim di perbolehkan untuk mempergunakan Jasa Pemain Asing, sehingga persaingan antara tim yang satu dengan tim yang lain menjadi sangat kompetitif dan para atlet berusaha untuk menunjukan permainan terbaiknya, Sisi positif dari diadakannnya kejuaraan ini adalah memudahkan dalam membetuk tim Nasional Polo Air setiap pemain terbaik dari tiap tim di saring untuk membentuk tim nasional Polo Air.
Demikian lah pembahasan tentang Sejarah Permainan Polo Air yang barhasil kami rangkum, semoga dapat menambah wawasan sobat sekalian tentang Olahraga Polo Air ini . terimakasih.