Teknik Dasar Lari jarak Menengah

by -0 views
Teknik dasar lari jarak menengah || Kumpulan olahraga || Lari jarak menengah adalah salah satu cabang dari olahraga Atletik dengan jarak tempuh sekitar 800 meter sampai 3000 meter, untuk putri lari jarak menengah ini ditempuh dengan jarak 800 meter, 1500 meter sedangkan untuk putra berjarak 800 meter, 1500 meter, dan 3000 meter. dalam melakukan lari jarak menengah ini pelari harus pandai untuk mengatur strategi dan teknik dasar lari jarak menengah diantaranya adalah pelari harus pandai menghemat tenaga agar tidak mengalami kehabisan tenaga dan mengalami penurunan stamina pada saat perlombaan. pada artikel sebelumnya kumpulan olahraga telah mengulas tentang Atletik, nomor lari jarak menengah pada kesempatan kali ini kumpulan olahraga akan mengulas tentang Teknik Dasar lari Jarak menengah adalah sebagai berikut :

 

 

1. Teknik dasar lari jarak menengah — Start

Lari jarak menengah merupakan adalah lari yang menggunakan Start Berdiri, yaitu start yang dilakukan dengan cara berdiri dengan sebelah kaki berada di belakang garis start dan sebalah lagi berada di belakang dengan sedikit ditekuk dan badan sedikit condong kedepan dan kedua lengan dalam posisi yang wajar dan rileks.

Start Berdiri

 

2. Teknik dasar lari jarak menengah — Gerakan Kaki

Dalam melakukan lari dalam lari jarak menengah ini ada beberapa hal yang harus di perhatikan diantaranya adalah gerakan kaki, Ayunan lengan, dan posisi badan. dengan penjelasan sebagai berikut :

a. Langkah Kaki

Untuk gerakan kaki dilakukan dengan santai dan rilek akan tetapi tidak terlalu cepat, dalam melakukan laru jarak menengah ini harus pandai untuk mengatur langkah dan sebaik nya kecepatan langkah dilakukan secara konstan dan terkoordinasi dengan baik. untuk itu langkah kaki ini sangat menentukan stamina dan daya tahan seorang pelari dalam lari jarak menengah ini.

b.  Posisi Tubuh

Dalam melakukan lari jarak menengah ini posisi badan tidak sama dengan lari jarak pendek (Sprint) karena pada lari jarak pendek ini posisi badan condong kedepan, akan tetapi pada lari jarak menengah ini posisi badan sedikit di condongkan dan dilakukan secara rileks dengan pandangan tetap lurus ke depan.

c. Ayunan Lengan 

Ayunan lengan pada lari jarak menengah ini merupakan hal yang sangat penting karena dengan ayunan tangan seorang pelari akan lebih rileks, dalam mengayun lengan ke depan dan belakang ini harus terkoordinasi dengan gerakan kaki.

 

3. Teknik dasar lari jarak menengah — Cara memasuki garis Finish

Dalam memasuki garis finis pada lari jark menengah ini harus dilakukan dengan benar karena ini kan membantu untuk lebih dahulu menyentuh garis finish dari pelari lain. cara memasuki garis finish menurut teknik dasar lari jarak menengah adalah sebagai berikut :

  1. Membusungkan Dada pada saat memasuki garis finish
  2. Menjatuhkan salahsatu bahu ke depan bawah pada saat masih dalam posisi lari.

Akan tetapi peserta dinyatakan melakukan pelanggaran apabila melakukan hal-hal sebagai berikut :

  1. Meloncat pada saat memasuki garis Finish
  2. Menggapai pita dengan tangan pada saat memasuki garis Finish
  3. Berhenti mendadak pada saat memasuki garis finish.

Penerapan Teknik dasar lari jarak menengah ini akan memungkinkan seorang pelari untuk dapat finish di posisi pertama. jadi alangkah baiknya seorang pelari harus menguasai teknik dasar lari jarak menengah ini. demikian lah ulasan tentang teknik dasar lari jarak menengah semoga bermanfaat.

Artikel Tekait :

1. Sejarah Atletik

2. Lari Jarak Pendek

3. Lari Jarak Menengah

4. Lari Jarak Jauh

5. Lari Estafet

6. Sejarah, Peraturan dan Teknik Lempar Cakram.

7. Teknik Dasar Lari Jarak Menengah.