Teknik Dasar Lompat Tinggi

by -0 views
Teknik dasar Lompat Tinggi | Kumpulan-olahraga | ~ Lompat tinggi merupakan salah satu cabang dari Olahraga Atletik dari nomor Lompat, Lompat Tinggi ini merupakan olahraga yang mengandalkan tumpuan pada kekuatan otot kaki dan Otot Perut sehingga untuk menjadi atlet lompat tinggi ini dibutuhkan kekuatan dan latihan yang sungguh-sungguh agar mendapatkan hasil yang maksimal dan mencapai target ketinggian yang diinginkan. untuk mendapatkan hasil yang maksimal kekuatan saja tidaklah cukup karena harus ditunjang dengan teknik yang baik dan benar agar mendapatkan hasil yang maksimal. Sebelum kita mengetahui macam-macam gaya Lompat tinggi alangkah baik kita mengetahui terlebih dahulu Teknik dasar Lompat Tinggi yang harus sobat ketahui adalah sebagai berikut :
  1. Posisi Awalan merupakan gerakan berlari menuju mistar sebelum melakukan tolakan.
  2. Tolakan Merupakan gerakan menolak dengan tumpuan kaki pada lantai dasar untuk menaikan badan (Melompat) ke mistar.
  3. Posisi Melayang merupakan gerakan melayang di udara ketika badan berada diatas mistar.
  4. Posisi mendarat merupakan gerakan akhiran dari rangkaian gerak dengan menjatuhkan badan ke atas matras ketika tubuh telah melewati mistar.
setelah kita menguasai Teknik Dasar Lompat Tinggi, sobat harus pula menguasai macam-macam gaya Lompat tinggi adalah sebagai berikut :
Macam-macam Gaya Lompat Tinggi

1. Teknik Dasar Lompat tinggi ~ Teknik Stradle (Gaya Guling)

Untuk melakukan Gaya Lompat tinggi teknik Stradle ini dilakukan dengan mengambil awalan dari samping dengan jarak antara 8-10 Langkah tergantung pada ketinggian target dan juga kekuatan sobat sendiri. Jika sobat menggunakan tumpuan dengan kaki kiri sebagai tumpuan maka ayunkan kaki kanan ke belakang menuju depan, Kemudian posisi badan pada saat diudara atau diatas mistar harus dalam keadaan tengkurap, dan posisi pinggang diusahakan untuk sedikit lebih tinggi dibandiingkan dengan kepala, dan posisi mendarat tumpuan harus berada si kedua tangan dan kaki yang pertamakali di ayunkan, Setelah itu dilanjutkan dengan menggulingkan badan dengan bagian punggung tangan yang pertamakali menyentuh matras dan kemudian berakhir pada bagian Bahu, Untuk lebih jelasnya langkah-langkah awalan hingga akhiran teknik stradle adalah sebagai berikut :

Awalan Teknik Stradlle
  • Mengambil Ancang-ancang yang tidak terlalu jauh yaitu sekitar 8-10 langkah tergantung kepada kekuatan dan ketinggian Mistar.
  • Barlari dengan kecepatan yang sedang, dan jangan terlalu tergesa-gesa agar lompatan dapat dilakukan dengan sempurna dan tanpa pelanggaran.
  • Berlari agak serong dari mistar hal ini bertujuan agar gampang dalam melakukan tolakanan ,,
  •  Posisi awalan dari samping sekitar 30 derajat sampai 40 derajat dengan posisi tiang lompatan. 
Tolakan Gaya Stradle  
  • Kaki yang digunakan untuk menolak adalah kaki yang paling dekat dengan mistar dan menggunakan kaki yang dominan.
  • Ketika akan melakukan tolakan, posisi badan agak merebah atau sedikit condong ke belakang
  • Posisi kaki tumpuan menolak ke atas, hingga kedua lutut kaki lurus dan kedua tangan dan kaki diayunkan dengan kekuatan penuh.
Melayang Diudara / Diatas Mistar 
Pada Saat badan melayang diudara posisi badan dalam keadaan tengkurap ketika badan sudah mulai turun posisi kaki harus segera diluruskan.
Teknik Mendarat 
Jika Menggunakan tumpuan kaki yang kiri, maka posisi pendaratan memakai kaki kanan terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan gerakan posisi berguling
  

2.  Teknik dasar Lompat Tinggi ~ Teknik Gaya Flop

Pada Teknik Lompat Tinggi gaya Flop ini merupakan kebalikan dari Lompat Tinggi Gaya Stradlle, karena teknik Flop ini bagian punggung menghadap ke bawah dan agak menyamping ke sebelah kiri tidak tegak lurus pada mistar.
Awalan Teknik Flop 
Pertama tama posisi badan lurus ke arah depan, dan jika sobat menggunakan kaki kiri untuk menolak maka kemudian  berlari menuju tiang sandaran mistar sebelah kanan, jika telah sampai kepada langkah terakhir kemudian mengubah posisi badan menjadi serong ke sebalah kiri sehingga badan tidak lagi lurus dengan mistar.
Teknik Tolakan Gaya Flop
  1. Pada saat menolak gunakan lah kaki terkuat sebagai tumpuan.
  2. Bila menggunakan kaki kiri, kaki kanan diangkat dengan lutut kaki ditekuk bersamaan dengan memutar badan ke arah awalan 
  3. Setelah melakukan tolakan badan harus membelakangi mistar jadi bagian punggung berada di bagian bawah yang dekat dengan mistar 
  4. Posisi punggung melengkung saat melewati mistar   
Teknik Diatas Mistar
  1. Bagian kepala harus lebih dahulu melewati mistar 
  2. Selanjutnya ketika badan berada diatas mistar dilakukan dengan cara telentang.
  3. Bagian Punggung menghadap ke bawah ke arah mistar dan di lecutkan agar menambah daya dorong ketika melompat.
  4. Saat mencapai ketinggian yang maksimal dan pinggang melewati mistar, posisi kedua kaki digerakan atau diayun ke atas agar bisa melewati mistar dengan sempurna.  
Teknik Mendarat
Teknik mendarat menggunakan Teknik Flop ini adalah dengan menjatuhkan badan dengan di dahului oleh bagian punggung, Karena teknik flop ini dilakukan dengan cara telentang sehingga bagian punggung lah yang harus pertama kali menyentuh matras dan diusahakan matras yang digunakan haruslah memenuhi standar keselamatan.
Demikian lah Pembahasan tentang Teknik Dasar Lompat tinggi. semoga bermanfaat dan dapat menambah Wawasan sobat tentang bagaimana Teknik Dasar Lompat tinggi, Bagi sobat yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai Olahrga Atletik Lainnya dapat sobat Lihat DISINI