Teknik dasar Permaianan Sepakbola

by -0 views
Dalam Artikel sebelumnya saya mengulas tentang Sejarah dan Peraturan Sepakbola, dan pada kesempatan ini saya akan sedikit mengulas tentang Teknik Dasar Permainan Sepakbola.
dalam Sepakbola ada beberapa Teknik dasar yang harus dimiliki oleh seorang pemain diantaranya :

1. Menendang (Kicking).

Dalam Sepakbola Menendang merupakan salah satu Teknik yang harus dikuasai oleh setiap pemain karena Olahraga Sepakbola karena olahraga Sepakbola ini  dominan menggunakan kaki, dan untuk menghasilkan laju bola yang Kencang harus dilakukan tendangan yang baik dan benar, dilihat dari

perkenaan nya menendang dibedakan menjadi :

a. Menendang dengan Kaki Bagian Dalam.
Pada umumnya menendang dengan menggunakan Kaki Bagian dalam ini dilakukan pada saat mengoper / melakukan tendangan Jarak pendek (Plashing), tendangan ini arah bola akan cenderung melengkung ke arah kiri (Apabila menggunakan Kaki Kanan) dan sebaliknya. dalam melakukan tendangan dengan kaki bagian dalam ini ada beberapa tahapan, dengan analisa gerakan sebagai berikut :
  • Badan Menghadap sasaran dan berada dibelakang Bola.
  • Kaki tumpuan berada di samping (Kiri/Kanan) tergantung kaki mana yang akan digunakan untuk menendang kurang lebih 15 Cm dan ujung kaki menghadap sasaran dengan lutut sedikit ditekuk.
  • Pada saat melakukan tendangan kaki ditarik kebelakang kemudian diayunkan ke arah bola dan dilakukan dengan menggunakan kaki bagian dalam.
  • Setelah dilakukan tendangan maka seteleh itu dilakukan Follow Throw (Gerakan Lanjutan).
b. Menendang Kaki dengan Bagian Luar.
Menendang Dengan Kaki Bagian luar digunakan untuk mengumpan jarak Pendek dan bola yang dihasilkan akan melengkung keluar. akan tetapi kelemahan menggunakan Kaki bagian luar bola akan susah dalam mengontrol/mengarahkan bola.
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan tendangan dengan bagian luar diantaranya sebagai berikut :
  • Badan Menghadap ke depan dengan badan berada di belakang Bola.
  • Kaki bertumpu pada bagian samping belakang bola 25 cm dengan ujung kaki menghadap ke sasaran(Bola) dengan lutut sedikit ditekuk.
  • Perkenaan Bola tepat pada punggung kaki bagian Luar dan tepat pada tengah bola.
  • gerakan lanjutan Tending diangkat kurang lebih 45 derajat menhadap sasaran.
c. Menendang dengan Punggung Kaki
 Menendang dengan Punggung Kaki ini dilakukan apabila kita akan Melakukan Shooting kearah gawang, dengan menendang dengan punggung kaki ini menghasilkan Bola yang relatif keras. untuk analisis gerakan menendang dengan punggung Kaki adalah sebagai berikut :
  • Badan Menghadap ke depan dengan badan berada di belakang Bola.
  • Kaki bertumpu pada bagian samping dengan ujung kaki menghadap ke sasaran(Bola) dengan lutut sedikit ditekuk.
  • Tarik kaki kebelakang dan ayunkan kedepan hingga mengenai bola.
  • bagian kaki yang mengenai Bola adalah bagian punggung Kaki sehingga bola akan meluncur dengan keras.
  • gerakan lanjutan kaki tending diangkat ke arah sasaran.

 2.Menghentikan Bola (Stopping)

Menghentikan bola juga merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam permainan Sepakbola karena apabila penghentian bola tidak dilakukan dengan sempurna maka bola akan mudah diambil lawan. Tujuan menghentikan Bola (Stopping) adalah agar kita mudah dalam merngontrol dan mengendalikan Bola dan dengan teknik menghentikan bola yang sempurna maka kita dapat mengontrol tempo permainan.
dalam melakukan stopping ini dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya :
a. Stopping dengan menggunakan Kaki / Paha
Stopping dengan kaki ini merupakan teknik yang paling banyak digunakan dibandingkan dengan teknik penghentian Lainnya. cara melakukan teknik ini adalah dengan cara menahan bola dengan menggunakan kaki sebelah dalam dengan kaki mengikuti Arah laju bola sehingga bola tidak terpental dan tertahan sempurna di kaki kita.
b. Stopping dengan menggunakan dada.
Stopping dengan menggunakan dada dilakukan apabila bola yang akan di hentikan melambung ke udara dan harus dilakukan dengan teknik yang benar karena sangat berbahaya,

 3. Menggiring Bola (Dribling)

Pada dasarnya menggiring bola (Dribling) adalah menendang dalam keadaan berjalan/Berlari secara pelan dan terputus-putus  oleh karena itu bagian kaki yang digunakan untuk menendang bola hampir sama dengan menendang bola, menggiring bertujuan untuk mendekatkan bola ke sasaran/ Gawang, melewati lawan atau untuk menghambat/mengatur tempo permainan. dalam menggiring bola bagian kaki yangbersentuhan dengan bola adalah kaki bagian depan (Punggung Kaki) hal ini bertujuan karena ketika berlari bagian punggung kaki lah yang paling mudah untuk digunakan menendang bola. hal yang harus diperhatikan dalam menggiring bola adalah ketika melakukan tendangan, karena apabila bola terlalu kencang bola tersebut sangat mudah di ambil lawan.

 4. Memasukan Bola ke Dalam Gawang.

Untuk mendapatkan Point dalam permainan Sepakbola kita harus bisa menjebol Gawang lawan dengan memasukan bola kedalam Gawang yang dijaga oleh seorang Goal Keeper /Penjaga gawang, dalam Sepakbola menjebol gawang lawan bisa dilakukan dengan berbagai cara dimulai dari Shooting, Heading, Atau pun Tendangan Bebas. akan tetapi untuk  melakukan itu semua tidak cukup dengan teknik-teknik tersebut tetapi dibutuhkan kesatuan dari keseluruhan teknik dasar dari mulai Menendang Bola (Kicking), Menghentikan Bola (Stoping), dan juga Menggiring Bola (Dribling) agar Perguliran bola akan sempurna dan dapat menjebol Gawang lawan.
Demikian lah Teknik dasar permainan Sepakbola Semoga bermanfaat.