Teknik Dasar Permainan Anggar

by -
Teknik Dasar Permainan Anggar |Kumpulan-Olahraga| ~ Anggar merupakan Permainan ketangkasan yang menggunakan senjata berupa pedang, pada Permainan Anggar ini sangat lah dibutuhkan Teknik dasar yang baik karena untuk dapat melakukan tusukan atau tangkisan ke arah lawan sangatlah dibutuhkan gerakan langkah dan tusukan pedang yang  cepat dan terarah sehingga dapat mengarah pada sasaran yang tepat.
Sebelumnya Kumpulan Olahraga telah membahas tentang Sejarah dan Peraturan dasar Permainan Anggar, nahh pada kesempatan kali ini Kumpulan Olahraga akan membahas tentang apasaja Teknik dasar yang harus di kuasai dalam Permainan Olahraga Anggar, untuk lebih jelasnya marilah kita simak dibawah ini.

Teknik Dasar Permainan Anggar

Sebelum kita melakukan permainan Anggar alangkah baiknya apabila kita mengetahui apasaja Teknik Dasar permainan Anggar yang harus dikuasai, Teknik dasar tersebut adalah sebagai berikut :

1. Teknik Dasar Permainan Anggar ~ The Solute (Sikap Hormat)

a. Sikap dalam Hormat.

Sebelum Atlet anggar mulai bertanding baik itu dalam pertandingan ataupun dalam latihan Sparing hormat merupakan salahsatu bagian yang paling penting, karena sebagai penghormatan terhadap lawan dan juga sebagai simbol pertemanan/ persahabatan, Sikap hormat ini dilakukan setelah peanggar dalam keadaan berdiri tegak di atas arena pertandingan/loper.

b. Urutan Gerak Hormat

Dalam melakukan sikap hormat diawali dengan atlet Anggar memegang pedang dengan ujung pedang menghadap kebawah tepat diatas kaki kanan dan untuk kidal pada kaki kiri, kemudian pedang diangkat dengan menekukan tangan hingga Blade/Kling pedang berada tepat pada bagian wajah dengan ujung pedang meghadap ke atas, pada waktu melakukan sikap hormat ini masker atau pelindung wajah dipegang disamping badan, dan dalam melakukan hormat ini dilakukan ke berbagai penjuru separti kepada Pemain yang akan berhadapan, wasit, dan juga penonton.

c. Fungsi Gerak Hormat

sikap Hormat ini merupakan suatu hal yang paling penting dan memiliki makna yang cukup dalam yaitu untuk menentukan sikap Fair play para pemain terhadap pertandingan yang akan atu sudah mereka lakukan, sikap hormat ini sangatlah wajib dilakukan oleh seluruh atlet yang akan bertanding ataupun setelah melakukan pertandingan.

2. Teknik Dasar Permainan Anggar ~ The Guard / On Guard (Kuda-kuda)

Permainan Anggar merupakan permainan beladiri yang mengandalkan kelincahan dalam melangkahkan kaki, sehingga di butuhkan kekuatan otot kaki untuk melakukan Kuda-kuda. dalam melakukan Kuda-kuda kaki kira-kira berjarak sekitar 40 cm antara kaki depan dengan kaki belakang dengan sudut kaki 90 derajat, Posisi tumit kaki depan dan kaki delapan harus sejajar, untuk posisi kaki yang berada di depan harus mengarah ke arah lawan sedangkan untuk kaki yang berada di belakang berada sekitar sudut 90 derajat ke samping, hal ini bertujuan agar badan memiliki keseimbangan yang bagus, sehingga ketika melakukan gerakan maju dan mundur yang cepat badan tidak akan kehilangan keseimbangan dan terjatuh.
seorang atlet Anggar pemula memerlukan sebuah orientasi yang tepat sebelum dia bergerak menyerang dan mundur yaitu dengan memposisikan tubuhnya dengan sebaik mungkin, yaitu dengan mempertimbangkan cara berdiri atau memposisikan posisi badan dengan sikap kuda-kuda. Pada hakikatnya pemain anggar harus memposisikan tubuhnya agar mendapatkan posisi kepala dan badan yang nyaman untuk konsentrasi siap setelah perintah “Anggar/Ya/ Allertz” di berikan.
Seluruh pergerakan di dalam permainan Olahraga Anggar memerlukan suatu hubungan gerak yang seimbang antara kepala, tubuh, kaki sehinnga menghasilkan gerakan yang cepat dan kokoh yang dapat menunjang seluruh gerakan fisik dan kesadaran yang mudah diikuti dalam gerak serang dan bertahan.

3. Teknik Dasar Permainan Anggar ~ Langkah (Step Maju & Mundur)

Pada Permainan Olahraga Anggar Teknik langkah atau sering juga di sebut dengan Step merupakan sebuah kunci keberhasilan dalam permainan anggar, dengan mengatur step ini seorang pemain anggar dapat mengendalikan lawan dan juga jarak dirinya dengan lawan sehingga kita tidak membiarkan lawan membaca berapa banyak gerakan yang akan kita lakukan ketika menyerang  untuk mencetak angka. Dalam Teknik Dasar Permainan Anggar terdapat beberapa teknik langkah diantranya adalah sebagai berikut :

a. Advance (Step Maju)

Pada Teknik Dasar Permainan Anggar, Advance (Step Maju) merupakan salah satu teknik yang sangat penting. Advance adalah gerakan yang dibuat untuk bergerak maju dengan kaki kanan, dengan kaki bergerak dengan menyentuh lantai dan kaki depan adalah kaki yang pertama mendarat ke lantai kemudian diikuti oleh kaki kiri. Akhiran dari langkah kaki kanan ketika bergerak ke lantai harus terkoordinir dengan kaki kiri. kesalahan umum yang sering terjadi adalah kedua kaki melangkah atau menapak secara bersamaan, jadi jangan sampai kaki kanan bergerak sebelum kaki kiri melakukan gerakan.
Hal yang harus di perhatikan dalam ketika melakukan gerakan Advance ini adalah pemain anggar harus dalam posisi kuda-kuda yaitu membengkokkan kedua lutut hingga terbentuk siku siku. dan diusahakan ketika melakukan gerakan step kaki jangan sampai meluncur atau terseret di lantai. Gerakan Advance ini merupakan gerakan yang dilakukan pemain anggar untuk mendapatkan kesempatan dalam melakukan serangan terhadap lawan, atau bisa juga dilakukan untuk memancing lawan untuk melakukan serangan sehingga pemain dapat bersiap untuk melakukan pertahanan atau melakukan serangan balik.

b. Retreat (Step Mundur)

Dalam Melakukan Retreat atau step mundur bagian punggung kaki yang diangkat terlebih dahulu adalah bagian punggung kaki yang berada di belakang dan kemudian diikuti dengan kaki yang berada di bagian depan dan diusahakan dilakukan dengan jarak yang sama dengan kaki yang berada di belakang, Step mungur ini dilakukan dengan cara melangkahkan kaki yang berada di belakang kemudian diikuti dengan kaki yang berada di depan.
Pada akhiran gerak Step Mundur ini peanggar harus memperhatikan posisi kaki yaitu harus tetap membentuk siku-siku (kuda-kuda), hal yang paling penting ketika melakukan step mundur ini yaitu ketika melakukan Step Mundur ini jangan sampai menyeret kaki yang bergerak mundur.Step Mundur ini berguna untuk mengelabui lawan agar melakukan serangan sehingga kita dapat melakukan serangan balik dengan cepat atau bisa juga sebagai respons dari kita ketika lawan melakukan serangan sehingga dapat meredam serangan lawan.
Seorang pemain Anggar harus dapat memadukan antara Step Maju dan Juga Step Mundur sehingga dapat terintegrasi menjadi gerakan yang lugas baik itu dalam melakukan serangan ataupun dalam melakukan pertahanan dari serangan lawan.

3. Teknik Dasar Permainan Anggar ~ Lunge (Serangan)

Gerakan Serangan ini merupakan gerakan yang menggunakan step maju juga bagian lengan tangan diluruskan sebagai ancaman yang langsung mengarah ke badan lawan, Pergerakan badan ini dilakukan dengan menggunakan dorongan dari kaki yang berada di belakang, akan tetapi keseimbangan harus di pertahankan agar badan tidak goyang ketika melakukan serangan. Gerakan serangan ini di awali dengan meluruskan lengan tangan yang memegang pedang, kemudian di ikuti dengan gerakan kaki kedepan yaitu dengan bantuan dorongan kaki yang berada di bagian belakang sehingga dapat melontar kan badan lurus kedepan dan menjangkau sasaran.

4. Teknik Dasar Permainan Anggar ~ Foot Work (Gerak Langkah)

Karena Pergerakan (Mobilitas) merupakan salah satu hal yang penting untuk seorang pemain anggar, kombinasi gerak dan analisis gerak harus dilakukan dengan baik dan benar, baik itu ketika hendak melakukan serangan atau ketika bertahan. kombinasi gerak maju atau pun mundur yang baik akan memungkinkan pemain anggar dapat mengatur jarak  dengan lawan, dan juga kita dapat menganalisis jarak dari jangkauan kita kepada lawan. dengan gerakan langkah ini pemain anggar dapat mengatur ritme dan menguasai jalan nya pertandingan.

5. Teknik Dasar Permainan Anggar ~ Parry (Tangkisan)

Garakan Parry atau tangkisan merupakan teknik gerakan bertahan yang dilakukan ketika lawan melakukan serangan kepada kita, yaitu dengan menangkis segala bentuk sentuhan dengan pedang ke badan kita sehingga lawan tidak mendapatkan angka dari serangan yang mereka lakukan. ketika melakukan tangkisan ini dapat dilakukan dengan cara menangkis pedang lawan dengan pedang kita sehingga memungkinkan kita untuk melakukan serangan balik ke arah lawan.

Demikianlah beberapa Teknik dasar permainan Anggar semoga dapat memberikan pengetahuan dan menambah wawasan sobat sekalian, untuk lebih jelasanya mengenai Olahraga Anggar dapat sobat lihat ” DISINI”