Teknik Pernafasan Dalam Renang Gaya Bebas

by -0 views

Teknik Pernafasan Dalam Renang Gaya Bebas |Kumpulan-Olahraga| ~ Dalam Olahraga renang Teknik Pernafasan merupakan bagian yang sangat penting, karena teknik pernafasan ini merupakan salah satu kunci keberhasilan dan menjaga agar tubuh dapat selama mungkin melakukan renang, dalam Olahraga renang terdapat beberapa Gaya yang biasa di lakukan baik dalam aktifitas renang harian atau pun dalam kejuaraan-kejuaraan resmi, diantaranya adalah Renang Gaya Bebas, Gaya Dada, Gaya Punggung dan Gaya Kupu-kupu.

Pada Kesempatan kali ini Kumpulan Olahraga akan Membahas tentang Teknik Pernafasan Dalam renang gaya bebas karena teknik tenang gaya bebas ini merupakan teknik yang paling banyak dilakukan oleh seluruh masyarakat, akan tetapi dalam kebanyakan masyarakat ketika melakukan teknik renang gaya Bebas ini masih belum mengetahui bagai mana tekni yang benar ketika pengambilan nafas pada renang gaya bebas.

Teknik Pernafasan Dalam Renang Gaya Bebas ~ Ketika kita melakukan renang gaya bebas ini posisi wajah mengahadap ke permukaan air, sehingga dalam melakukan pengambilan nafas harus dilakukan ketika lengan digerakan keluar dari air, saat tubuh dalam posisi miring dan kepala menoleh ke samping, dalam pengambilan nafas ini perenang dapat memilih pada sisi mana dia akan mengambil nafas hal ini disesuaikan dengan di bagian sisi mana seorang perenang nyaman dalam pengambilan nafas baik itu sisi kiri atau pun sisi kanan.

Dalam pengambilan nafas pada renang gaya bebas ini bagian kepala di tengokan ke arah lengan untuk mengambil nafas yaitu dilakukan ketika kepala berada diatas permukaan air, akan tetapi hal yang harus di perhatikan pernafasan harus dilakukan melalui Mulut yaitu dengan membuka mulut dengan lebar untuk menghirup udara.

Teknik Pernafasan Dalam Renang Gaya Bebas ~ Hal yang perlu sobat perhatikan adalah pada saat menarik lengan kebawah air baik itu tangan kanan ataupun tangan kiri, munculkan mulut ke permukaan air dengan cara menoleh dan sedikit mengangkat kepala untuk memulai pengambilan nafas, dan ketika tangan tersebut diluruskan kembali kedepan, bagian muka dimasukan atau di hadapkan kembali kedalam air untuk mengeluarkan nafas.

Ketika melakukan pengambilan nafas pilihlah salah satu sisi (Sisi kanan atau Kiri) untuk mengambil nafas hal ini bertujuan untuk efisiensi tenaga dan untuk menstabilkan kecepatan ketika berenang, berikut ini adalah cara untuk melakukan pernafasan renang gaya bebas adalah sebagai berikut :

  1. Kayuh lah tangan yang bukan sisi yang digunakan untuk pengambilan nafas, dan kemudian dilanjutkan dengan sisi yang akan digunakan untuk pengambilan nafas.
  2. Ambilah nafas pada bagian pertengahan dari gerakan tangan sisi pernafasan yaitu pada saat bagian terakhir dari kayuhan tangan dan dengan segera angkatlah kepala hingga mulut berada pada permukaan air.
  3. Pengambilan nafas dilakukan melalui mulut, hal ini bertujuan agar pengambilan nafas dapat dilakukan dengan cepat.
  4. Kayuhan tangan dilanjutkan oleh sisi yang bukan digunakan untuk pengambilan nafas.
  5. Lakukan lah secara teratur dan hindari mengangkat kepala terlalu keatas karena apabila kepala terlalu keatas maka akan menghambat laju dari renang yang sobat lakukan.

Demikian lah teknik Pernafasan Dalam Renang Gaya Bebas, mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam pengertian dan cara ataupun dalam penulisan. kritik dan saran sangat kami perlukan untuk kemajuan Blog Kumpulan Olahraga ini. bagi sobat yang hendak menambahkan dapat sobat cantumkan pada kolom Komentar. Terimakasih.

Artikel Terkait Renang : 

1. Teknik Renang Gaya Dada
2. Teknik Renang Gaya Bebas
3. Teknik Renang Gaya Kupu-kupu
4. Teknik Renang Gaya Punggung